Liga Indonesia

Tertib di Piala Menpora, Kedewasaan Suporter Indonesia Patut Diapresiasi

Sabtu, 27 Maret 2021 10:45 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Kemenpora
Menpora, Zainudin Amali saat bertemu Timnas Putri. Copyright: © Kemenpora
Menpora, Zainudin Amali saat bertemu Timnas Putri.

INDOSPORT.COM - Menpora RI, Zainudin Amali, memberi apresiasi tinggi kepada segenap suporter yang mendukung kampanye menonton dari rumah sepanjang gelaran Piala Menpora 2021.

Zainudin Amali menilai para suporter tim-tim Liga 1 sudah mulai dewasa. Indikasinya, belum ada kasus oknum suporter yang dengan nekat merangsek atau mendekati stadion saat laga berlangsung.

Kampanye menonton dari rumah saja, tampak efektif untuk membendung fanatisme suporter. Ditambah lagi, venue laga yang tak ada tim tuan rumah, tampak jitu dalam menghindari adanya kerumunan suporter.

Seadar mengingatkan, panpel Piala Menpora memang menerbitkan keputusan tak populer dalam pembagian grup. Arema FC berada di grup lain kendati Stadion Kanjuruhan, Malang, terpilih menjadi tuan rumah, begitu pula Persib Bandung yang bermarkas sementara di Sleman, Yogyakarta.

"Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada suporter dan pendukung tim, yang sudah rela menonton (pertandingan timnya) dari rumah saja," ujar Zainudin Amali kala meninjau sesi latihan Borneo FC di Stadion Gajayana Malang, Jumat (26/3/21).

"Kontribusi mereka sangat signifikan, dengan tidak datang berkerumun ke stadion, (menggelar acara) nonton bareng dan mendukung gerakan menonton dari rumah saja," sambung dia.