Bola Internasional

Kiper Muda Persebaya Bicara Blunder, Pelatih Inggris Wanti-Wanti Hal Ini

Minggu, 28 Maret 2021 10:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kiper muda Persebaya Surabaya U-16, I Gede Aditya Juli Antara, yang kini tergabung dalam skuat Garuda Select 3, bicara perihal blunder sebagai kiper. Begini wanti-wanti dari pelatih asal Inggris.

Blunder adalah sebutan untuk kesalahan seorang pemain sepak bola di lapangan hijau, yang tak jarang membuat kerugian bagi tim. Blunder paling fatal biasanya dilakukan oleh sang penjaga gawang.

Sebagai palang pintu terakhir untuk skuat Garuda Select, I Gede Aditya Juli Antara cukup terbuka untuk bercerita dengan sang pelatih kiper, Phil Smith, agar ia mendapat masukan, termasuk pula soal blunder ini.

"Biasanya ketika ada kesalahan saat laga, saya berusaha untuk langsung melupakan kejadian itu. Kalau terus diingat, nantinya akan menjadi beban dan akan mengganggu konsentrasi di pertandingan," ungkap Adit.

Hal itu mendapat respons positif dari pelatih Phil Smith. Menurutnya, kiper memang harus siaga sepanjang laga dan tidak ada waktu untuk memikirkan blunder yang ia lakukan.

"Hal penting yang ingin saya sampaikan kepada kiper, mereka harus memahami kesalahan yang dibuat agar bisa segera memperbaiki. Jangan terlalu memikirkan kesalahan dan segera kembali fokus ke pertandingan," wanti-wanti dari Coach Phil.

"Selain itu, bahasa tubuh juga penting. Jika kiper melakukan blunder kemudian memukul tanah dan menggelengkan kepala, justru akan membuat situasi jadi semakin buruk. Kadang orang tidak sadar kamu melakukan kesalahan, sebelum kamu bereaksi."

"Cobalah untuk tidak memperlihatkan pada orang lain bahwa kamu terpengaruh, itu hal yang sangat penting. Cobalah perbaiki dan belajar dari kesalahan itu agar bisa terus tampil baik," tuntas pelatih Inggris tersebut.