Liga Indonesia

Tempa Mental untuk Liga 1, Persib Berniat Rotasi Pemain dan Kapten Tim

Minggu, 28 Maret 2021 09:55 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung berencana untuk melakukan rotasi pemain, termasuk kiper, saat tampil di turnamen pramusim Liga 1 bertajuk Piala Menpora 2021. Hal itu disampaikan oleh pelatih Robert Rene Alberts.

Menurut Robert, Piala Menpora 2021 dimanfaatkan sebagai persiapan untuk menghadapi Liga 1 2021. Apalagi, mayoritas pemain sudah cukup lama tak merasakan atmosfer pertandingan setelah kompetisi musim lalu dihentikan sejak pertengahan Maret 2020.

Meski begitu, mantan pelatih PSM Makassar ini akan melihat kondisi dan kesiapan pemainnya sebelum menentukan daftar susunan pemain yang akan diturunkan dalam pertandingan Piala Menpora 2021.

Sebagai informasi, Robert Rene Alberts menurunkan I Made Wirawan di pos penjaga gawang dalam laga perdana Grup D Piala Menpora 2021, sedangkan untuk selanjutnya melawan Persita Tangerang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (29/3/21), daftar susunan pemain belum ditentukan.

"Tentunya ada rotasi. Turnamen ini bisa digunakan untuk merotasi tim dan memberikan semuanya kesempatan bermain. Jadi, di laga berikutnya kami akan memainkan kiper lain," kata Robert Rene Alberts, Sabtu (27/3/21).

Selain kiper, Robert berencana merotasi beberapa posisi lainnya dan jabatan kapten Persib karena Supardi Nasir tidak ikut dalam rombongan tim ke Sleman. Dia sedang mengikuti kursus kepelatihan lisensi B.

Selain itu, dengan rotasi jabatan kapten Persib, Robert Rene Alberts ingin melihat sejauh mana kesiapan para pemain di atas lapangan saat ditunjuk menjadi kapten, sebagai persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2021.

"Ya kami akan mengubahnya, merotasinya. Tanggung jawab pemain adalah hal penting, kami belum memastikan apa pun sekarang karena kami juga belum tahu apapun soal liga," ungkapnya.

"Jadi ini kesempatan yang tepat untuk pemain untuk diuji terutama bagi pemain yang akan mengemban tugas sebagai kapten, lalu ujian bagi pemain ketika dipasang di posisi yang berbeda," ujarnya.