Liga Indonesia

Profil Muhammad Firly, Bek Penentu Barito Putera Lolos 8 Besar Piala Menpora

Jumat, 2 April 2021 12:12 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
© Barito Putera
Pemain Barito Putra, Muhammad Firly. Copyright: © Barito Putera
Pemain Barito Putra, Muhammad Firly.

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah profil Muhammad Firly, pemain muda Barito Putera yang menjadi penentu kemenangan tim atas Persikabo 1973, sekaligus membawa Laskar Antasari lolos 8 besar Piala Menpora 2021.

Muhammad Firly bukanlah nama besar di kancah sepak bola Indonesia. Ia masih berusia 21 tahun, dan merupakan pemain jebolan Elite Pro Academy Barito Putera U-20 yang langsung dipromosikan ke tim senior.

Padahal, jika melihat posisi Muhammad Firly sebagai bek tengah, PS Barito Putera masih memiliki pemain berpengalaman di Liga 1 seperti Dandi Maulana, atau pemain terbaik Elite Pro di Liga 1 U-20, Yuswanto Aditya.

Namun, dalam tiga laga penyisihan Grup A Piala Menpora 2021, pelatih Barito Putera, Djajang Nurdjaman, selalu memercayakan Firly untuk mengawal pertahanan, bahkan berduet dengan pemain asing, Cassio.

Hasilnya, Muhammad Firly selalu memberi peluang di tiga laga, termasuk mencetak gol penyeimbang di laga terakhir Barito Putera vs Persikabo 1973, Selasa (30/3/2021) sore, bertempat di Stadion Manahan, Solo.

Meski mendapat banyak evaluasi karena sudah kebobolan enam gol, Djajang Nurdjaman juga mengapresiasi penampilan Muhammad Firly, yang membuat PS Barito Putera lolos ke 8 besar Piala Menpora 2021.

"Untuk M Firly, dia sebetulnya pemain yang diorbitkan dari EPA Barito, jebolan usia U-20, dan baru pertama kali main di level senior, wajar kalau Firly masih ada kekurangan di sana-sini," tutur Djajang Nurdjaman.

"Tapi okelah, dia menunjukkan progres yang bagus. Bukan tidak mungkin di Liga 1 nanti, Firly akan menjadi pilihan utama, karena dia menunjukkan progres yang sangat bagus dari pertandingan ke pertandingan," ujar Djajang lagi.