Liga Spanyol

Tak Hanya Ibrahimovic, Deretan Bintang Barcelona yang Kariernya Ditenggelamkan Lionel Messi

Sabtu, 3 April 2021 15:01 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images
Lionel Messi dituding jadi penyebab gagalnya karier Zlatan Ibrahimovic di Barcelona. Namun ada 4 bintang Barca lain yang kariernya juga ditenggelamkan La Pulga. Copyright: © Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images
Lionel Messi dituding jadi penyebab gagalnya karier Zlatan Ibrahimovic di Barcelona. Namun ada 4 bintang Barca lain yang kariernya juga ditenggelamkan La Pulga.

INDOSPORT.COM – Lionel Messi dituding jadi penyebab gagalnya karier Zlatan Ibrahimovic di Barcelona. Namun ada 4 bintang Barca lain yang kariernya juga ditenggelamkan La Pulga.

Sukses merebut treble winners LaLiga Spanyol, Liga Champions, dan Copa del Rey pada musim 2008/2009, Barcelona membuat kejutan besar di bursa transfer. Mereka mendatangkan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan dan melepas Samuel Eto’o sebagai gantinya.

Namun, Zlatan Ibrahimovic justru gagal menyuguhkan performa apik di Blaugrana. Akibatnya, ia dipinjamkan ke AC Milan musim berikutnya sebelum dilepas secara permanen.

Megabintang Lionel Messi pun dinilai punya peran dalam kegagalan Zlatan. Pasalnya, Messi diketahui sempat mengirimkan pesan kepada Pep Guardiola karena merasa terancam dengan keberadaan sang bintang Swedia.

Guardiola pun kemudian melakukan perubahan sistem dengan Lionel Messi ditempatkan sebagai penyerang tengan dan Ibrahimovic digeser ke posisi lebih lebar. Messi pun kemudian sukses mencetak 47 gol di musim itu sedangkan Ibrahimovic hanya 21.

Peran Messi dalam kegagalannya pun diakui oleh Ibra. “Segalanya dimulai dengan baik tapi kemudian Messi mulai bicara. Dia ingin bermain di tengah, bukan di sayap. Jadi polanya diubah dari 4-3-3 ke 4-5-1,” kata Ibra seperti dilansir Sportskeeda.

“Saya dikorbankan dan tidak lagi memiliki kebebasan yang saya butuhkan di lapangan.”

Meski demikian, Zlatan Ibrahimovic bukanlah satu-satunya bintang Barcelona yang kariernya mandeg karena Lionel Messi. Sedikitnya ada 4 pemain lain yang bernasib sama.

Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya:

Pedro Rodriguez

Bergabung dengan Barca sejak usia 17 tahun, Pedro Rodriguez menjalani debut di tim utama pada 2008 dalam usia 20 tahun. Namun meski sukses mencatatkan lebih dari 300 penampilan dalam 8 musim, Pedro kesulitan menyegel tempat utama karena posisi bermainnya serupa dengan Lionel Messi.

Akibatnya, ia pun kemudian memilih hengkang ke Chelsea pada musim 2015/2016. Bersama The Blues, Pedro Rodriguez menjadi andalan dan langsung menghadirkan gelar Liga Inggris di musim pertamanya. Namun, dengan usia yang sudah 33 tahun, ia akhirnya dilepas Chelsea ke AS Roma musim panas lalu.