In-depth

Kiper-kiper Cadangan Mati yang Mempunyai Banyak Gelar

Senin, 5 April 2021 14:55 WIB
Editor: Juni Adi
© TF-Images/Getty Images
Tom Starke, eks Bayern Munchen Copyright: © TF-Images/Getty Images
Tom Starke, eks Bayern Munchen

INDOSPORT.COM - Kiper-kiper ini mempunyai gelar banyak meski jarang tampil membela klubnya. Siapa saja mereka?

Posisi kiper merupakan salah satu yang paling pentig dalam permainan sepak bola. Kehadirannya di lapangan menjadi benteng terakhir, dalam menghalau peluang gol dari lawan.

Tak jarang kiper disebut sebagai pahlawan pertandingan, karena kerap melakukan penyelematan krusial. Namun semua kiper jago melakukan aksi heroik.

Biasanya kiper-kiper dengan kualitas jempolan yang namanya sudah mendunia, yang kerap membuat penyelematan gemilang mengundang decak kagum. 

Pelatih juga jarang melakukan rotasi kiper, jika tim sudah menemukan kiper hebat di bawah mistar gawang. Itu artinya, sedikit peluang bagi kiper cadangan untuk bermain reguler.

Kemungkinan kiper cadangan bermain hanya ketika penjaga gawang utama sebuah tim sedang menderita cedera, dan juga ketika berhadapan dengan tim gurem.

Kendati demikian, meski jarang tampil bukan berarti kalung medali tidak diberikan untuk kiper cadangan jika suatu tim meraih gelar.

Seperti dua kiper cadangan yang unik ini, dimana mereka nyaris sepanjang kariernya di bangku cadangan namun bisa memenangkan banyak gelar.