Bola Internasional

Mengenang Shunsuke Nakamura, Samurai Jepang Penakluk Eropa

Rabu, 7 April 2021 13:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mengenang sosok Shunsuke Nakamura, Samurai Jepang yang mampu menaklukan Eropa lewat tendangan bebas kaki kirinya.

Menyebut pemain Asia yang memiliki nama besar di kancah Eropa, semua pecinta sepak bola akan menunjuk nama Hidetoshi Nakata, Park Ji-sung, dan teranyar, Son Heung-min.

Wajar jika ketiga nama tersebut disebut sebagai yang terbaik dan bernama besar mengingat kiprahnya hingga saat ini bagi tim yang mereka bela masing-masing.

Namun, di balik tiga nama besar itu, masih ada nama besar lainnya yang hampir dilupakan, baik secara sengaja maupun tak disengaja.

Sosok itu adalah Shunsuke Nakamura. Pria asal Jepang ini dilupakan karena mungkin saja dirinya hanya membela tim-tim gurem di pentas Eropa.

Di Eropa, Nakamura hanya membela tiga tim yakni Espanyol, Reggina, dan Celtic saja. Dari nama tim saja, wajar namanya terlupakan atau malah dilupakan.

Akan tetapi, ada satu atau bahkan dua momen di mana Nakamura menancapkan dirinya adalah sejatinya Samurai dengan kaki kirinya. Momen itu terjadi di pentas Liga Champions kala Celtic menghadapi Manchester United.

Nakamura mampu melesakkan dua gol dalam dua pertemuan lewat tendangan bebas kaki kirinya yang menjebol salah satu penjaga gawang terbaik sepanjang masa, Edwin van der Sar pada musim 2006/07.

Kala itu, Nakamura mencetak gol penyama kedudukan di pertemuan pertama kedua tim di Grup F sebelum tumbang 3-2. Lalu, di pertemuan kedua, gol tunggal tendangan bebasnya membawa Celtic menang atas Man United.

Dua momen tersebut cukup menancapkan namanya di memori pecinta sepak bola yang hanya tahu Nakamura sebatas mencetak Celtic saja.

Tentu menarik membahas kiprah Shunsuke Nakamura yang hingga saat ini masih tercatat bermain di kampung halamannya yakni Jepang.