Bola Internasional

Ketika Tukang Sampah Jadi Penyerang Prancis Bersama Henry dan Benzema

Jumat, 19 Maret 2021 15:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Timnas Prancis memiliki banyak penyerang hebat seperti Karim Benzema, Nicolas Anelka dan Thierry Henry. Akan tetapi, pernah dalam satu momen, tim Ayam Jantan dibela oleh tukang sampah bernama Steve Savidan di laga internasional.

Sejak dahulu hingga saat ini, banyak penyerang berkualitas dan jempolan lahir di Timnas Prancis. Tim berjuluk Ayam Jantan ini seakan tak pernah kehabisan stok penyerang di wilayahnya.

Era keemasan Timnas Prancis di sepak bola tercipta pada 1998 silam kala menjuarai Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. Di sana, tim Ayam Jantan memiliki penyerang jempolan.

Sebut saja Henry, David Trezeguet, dan Christophe Dugarry. Lalu di Euro 2000 saat menjadi kampiun kembali, Prancis dibela oleh tiga penyerang ini ditambah Anelka yang tengah naik daun.

Meski memiliki banyak penyerang berkualitas, pernah dalam satu momen tim Prancis dibela oleh mantan tukang sampah yakni Steve Savidan.

Hal tersebut terjadi di era Raymond Domenech saat dirinya menjabat sebagai pelatih Timnas Prancis periode 2004 hingga 2010.

Steve Savidan yang tak begitu dikenal banyak orang, muncul di atas lapangan kala Timnas Prancis menjalani laga persahabatan melawan Uruguay pada November 2008.

Kala itu, Savidan bermain selama 45 menit di mana ia masuk menggantikan Anelka dalam laga yang berlangsung di Stade de France tersebut.

Memang Savidan tak mencetak gol ataupun assist di laga ini. Pasalnya, laga ini berkesudahan 0-0 untuk kedua tim. Namun, penampilannya dengan nomor punggung 9 untuk Prancis di hadapan 80 ribu orang di stadion menjadi sebuah penghargaan besar untuknya.

Bagaimana kisah Steve Savidan hingga dirinya mampu membela Timnas Prancis kendati dulunya merupakan mantan tukang sampah? Berikut kisahnya.