Liga Indonesia

Tinjau Laga Persija vs Barito di Kanjuruhan, Menko PMK Puas Dengan Penerapan Prokes

Minggu, 11 April 2021 02:31 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
© Khairul Imam/Persija
Persija vs Barito Putera. Copyright: © Khairul Imam/Persija
Persija vs Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy puas dengan penerapan protokol kesehatan laga Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (10/04/21).

Menko PMK menyempatkan diri hadir secara langsung untuk meninjau penerapan prokes. Dia disambut sejumlah petinggi PSSI, seperti Iwan Budianto (Waketum) pada awal laga Persija Jakarta kontra Barito Putera di babak 8 besar Piala Menpora 2021.

"Saya melihat sudah sangat bagus, juga di kota-kota lainnya. Ini sebagai pijakan kita untuk menuju cita-cita berikutnya," papar Muhadjir Effendy kepada awak media di Malang.

Penerapan prokes memang menjadi fokus dalam gelaran Piala Menpora 2021. Lantaran hal itu menjadi titik utama digelarnya laga sepak bola di tengah situasi tanah air yang masih pandemi covid-19.

"Yang penting adalah agar persepakbolaan kita bisa bergeliat lagi, setelah lama hibernasi," tutur dia.

Panpel sendiri menerapkan prokes cukup ketat dan konsisten dalam setiap laga di Malang. Semua perangkat pertandingan yang bertugas, baik anggota panpel, kepolisian, TNI hingga media, berurutan menjalani tes kesehatan yakni Swab Test Antigen.

Penerapan itu juga konsisten berjalan di dalam stadion. Hanya 299 personel yang hanya mendapat akses masuk sesuai ketetapan regulasi, dengan menempati tempat duduk yang diatur secara berjarak.