Liga Indonesia

Sisi Positif Kebijakan Tanpa Pemain Asing PSM Makassar di Piala Menpora

Kamis, 15 April 2021 10:55 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Official PSM Makassar
Kapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur, saat pre match press conference melawan PSIS Semarang, Kamis (08/04/21). Copyright: © Official PSM Makassar
Kapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur, saat pre match press conference melawan PSIS Semarang, Kamis (08/04/21).

INDOSPORT.COM - Kapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur, mengungkap sisi positif di balik kebijakan klubnya yang tidak memakai satu pun pemain asing dan naturalisasi di Piala Menpora 2021.

Sebagaimana diketahui, PSM hanya bermodalkan 100 persen tenaga lokal yang mayoritas berasal dari Sulawesi Selatan dan sejumlah daerah di kawasan Indonesia Timur.

Hal tersebut terjadi akibat PSM Makassar sempat mengalami krisis finansial yang bermuara ke jatuhnya hukuman dari FIFA pada akhir Januari lalu.

Meski telah ditinggal 17 pemain bintang di musim lalu plus hanya melakukan latihan selama dua pekan, armada Syamsuddin Batola bisa berbicara banyak di Piala Menpora 2021.

Zulkifli Syukur menyebut, performa mengejutkan di hajatan pramusim tahun ini tak terlepas dari semangat juang dan keinginan besar dari setiap pemain.

"Inilah kesempatan para pemain lokal yang dipilih oleh pelatih untuk tampil dan menunjukkan kualitasnya," ungkap Zulkifli Syukur dalam sesi jumpa pers pralaga semifinal Piala Menpora, Rabu (13/4/21).

"Jika menunjukkan kualitasnya di turnamen ini, tak menutup kemungkinan mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti Liga 1," kata pemain berusia 36 tahun ini menambahkan.

Sejatinya, PSIS Semarang, Barito Putera, dan Persebaya Surabaya, juga tak memakai satu pun pemain asing. Namun, cuma PSM Makassar yang mampu menembus semifinal Piala Menpora 2021.