Liga Indonesia

PSSI Rayakan Ulang Tahun ke-91, Iwan Bule: Solo Kota Bersejarah

Senin, 19 April 2021 19:11 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

INDOSPORT.COM - PSSI menggelar serangkaian acara untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-91 di Kota Solo, Senin (19/4/21). Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut Solo sebagai bagian penting dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Rangkaian acara dimulai dengan peletakan rangkaian bunga di patung Ir Soeratin Sosrosoegondo, yang berada di komplek Balai Persis. Soeratin merupakan pendiri sekaligus ketua umum pertama PSSI yang menjabat pada periode 1930-1940.

Patung ini diresmikan pada 19 April 1960, bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-30 PSSI. Patung Soeratin sudah ditetapkan Pemkot Surakarta sebagai cagar budaya sejak November 2012 lalu.

Setelah bertahun-tahun, PSSI kembali ke Balai Persis. Mochamad Iriawan hadir bersama jajaran pengurus PSSI. Ada pula direktur teknik Timnas Indonesia, Indra Sjafri. Iwan Bule, sapaan akrabnya, meletakkan karangan bunga di patung Soeratin.

"Kita berkumpul di cagar budaya situs Ir Soeratin, dimana Ir Soeratin menjadi ketua umum pertama PSSI dan selalu dikenang dalam momen-momen yang ada termasuk kejuaraan-kejuaraan U-13,U-15, U-17 dan sebagainya," ucap Iwan Bule.

Dalam acara ini, PSSI kedatangan tamu istimewa, yakni Maria Wiwik Saryatmi dan Ikun Darmadi. Maria merupakan putri dari mantan pemain Timnas Indonesia, Sarjiman. Sementara Ikun Darmadi merupakan putra dari mantan pemain Timnas Indonesia, Sudarmadi.

Sarjiman dan Sudarmadi merupakan pemain Timnas Indonesia era 50-an. Hadir pula Badrus yang tak lain merupakan putra dari mantan wasit nasional, Bambang Slameto. Iwan Bule memberikan tali asih sekaligus jaket Timnas Indonesia kepada tiga tamu istimewanya.