Bola Internasional

Barcelona, Madrid, dan Juventus Masih di Liga Super Eropa, Ini Hukuman Kejam UEFA

Senin, 26 April 2021 16:09 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Meski sudah ditinggal oleh sembilan klub pendirinya, Barcelona, Real Madrid, dan Juventus masih percaya jika Liga Super Eropa itu ada. Geram, UEFA lantas siapkan hukuman paling kejam untuk ketiganya.

12 klub seantero Benua Biru sempat bersatu padu tinggalkan Liga Champions untuk ikuti kompetisi yang lebih elit lagi. Semua itu berawal dari gagasan dari Florentino Perez untuk menyelamatkan sepak bola.

Ya, adanya monopoli uang di kompetisi tersebut buat presiden Los Blancos ini mengajak petinggi klub lain. Dukungan pun datang dari Andrea Agnelli (Juventus), Joel Glazer (Manchester United), John W. Henry (Liverpool), dan Stan Kroenke (Arsenal).

Liga Super Eropa dengan sokongan dana senilai 6 miliar euro (Rp104 triliun) dari Bank JP Morgan langsung jadi alasan mengapa banyak tim besar membelot dari UEFA. Tentu saja hal ini sempat membuat segalanya kacau.

Gelombang penolakan tak cuma datang dari Aleksander Ceferin selaku presiden Federasi Sepak Bola Eropa saja, melainkan FIFA, fans, hingga sebagian besar pemain. Intinya, mereka merasa sepak bola justru ditujukan khusus untuk kalangan berduit.

48 jam setelah diumumkannya, The Big Six Liga Inggris pun pilih mundur dari proyek besar ini, disusul oleh AC Milan, Inter, dan Atletico Madrid. Meski demikian, Perez ngotot jika semua tim yang terlibat masih harus memenuhi kontraknya.

Menyisakan Real Madrid, Barcelona, dan Juventus, UEFA melalui Ceferin berkata jika ketiga klub yang masih percaya Liga Super Eropa itu bak penganut paham bumi datar. Ia pun siap berikan sanksi terberat untuk semua yang terlibat.