Bola Internasional

Liga Super Eropa Rubuh, UEFA Bikin 6 'Pengkhianat' Untung dan Klub Spanyol Buntung

Rabu, 21 April 2021 12:30 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
UEFA bakal berikan keuntungan besar untuk enam 'pengkhianat' Liga Super Eropa dan jadikan musuh tim-tim Spanyol pendukung Florentino Perez. Copyright: © Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
UEFA bakal berikan keuntungan besar untuk enam 'pengkhianat' Liga Super Eropa dan jadikan musuh tim-tim Spanyol pendukung Florentino Perez.

INDOSPORT.COM - Ambisi presiden Real Madrid, Florentino Perez, untuk menggelar Liga Super Eropa harus hancur hanya dalam waktu 48 jam saja. UEFA pun akan berikan untung untuk enam 'pengkhianat' liga dan jadikan klub Spanyol musuh.

Semua berawal dari kompetisi Liga Champions yang terkesan mulai tak transparan dengan format baru pada tahun 2024 mendatang. Getol ingin adanya perubahan, orang nomor satu Los Blancos itu pun adakan pertemuan dengan petinggi klub lain di Eropa.

Bersama Andrea Agnelli (Juventus), Joel Glazer (Manchester United), John W. Henry (Liverpool), dan Stan Kroenke (Arsenal), ia lantas melahirkan kompetisi independen bertajuk Liga Super Eropa. Pertandingkan 20 klub berbeda, ada kontroversi di belakangnya.

Ya, terdiri dari 12 klub undangan yang akan jadi pendiri alias Founding, enam di antaranya ialah dari Liga Inggris, tiga klub Serie A, dan tiga lainnya LaLiga Spanyol. Tergoda dengan investasi 6 miliar euro (Rp104 triliun) mereka membelot dari UEFA.

Tentu saja hal ini lantas bawa gelombang penolakan setelah proyek ambisius tersebut sarat akan kepentingan bisnis semata. Tak heran, federasi sepak bola Eropa yakni UEFA, Aleksander Ceferin, sampai mengecam keras dibantu dukungan dari FIFA.

Lewat larangan tampil di liga domestik, liga Eropa (Liga Champions dan Liga Europa), hingga Piala Dunia, ancaman keras ini pun menunjukkan hasilnya. Tak cuma para fans, pelatih, dan pemain pun protes terhadap langkah gila klub-klubnya.

Berawal dari Manchester City, disusul Chelsea, enam klub Liga Inggris pun menjadi yang lebih dulu tinggalkan Liga Super Eropa. Sukses jadi 'pengkhianat' UEFA pun akan berikan kompensasi bagi mereka semua.

IDS Emoticon Suka
Suka
44%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
11%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
11%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
11%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
11%
IDS Emoticon Marah
Marah
11%