In-depth

Sejarah Pesta Juara Chelsea di Atas Penderitaan Pedih Manchester United

Kamis, 29 April 2021 10:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© Twitter Uber Chelsea FC
Pesta juara Chelsea usai memastikan gelar Liga Inggris, 29 April 2006. Copyright: © Twitter Uber Chelsea FC
Pesta juara Chelsea usai memastikan gelar Liga Inggris, 29 April 2006.

INDOSPORT.COM - Warna biru mendominasi pertandingan pekan ke-36 Liga Inggris 2005-2006 antara Chelsea melawan Manchester United. Maklum, duel tersebut dilangsungkan di Stadion Stamford Bridge yang notabene merupakan markas Si London Biru.

Optimisme pendukung Chelsea yang saat itu berada di ambang juara pun membuncah. Setiap orang yang ditemui dengan mantap menyatakan bahwa klub asal kawasan London Barat tersebut bakal merengkuh trofi.

Di dalam stadion, announcer pertandingan juga menyebutkan "goal for the champions scored by...", bukan seperti biasanya yang hanya "goal for Chelsea scored by...". 

Pada akhirnya, Chelsea memang dinobatkan sebagai juara Liga Inggris 2005-2006 menyusul kemenangan telak 3-0 atas Manchester United, 29 April 2006.

Secara teknik, pertandingan ini menegaskan keperkasaan Chelsea. Meski hasil imbang saja sudah cukup membawa mereka juara, Frank Lampard cs. tetap saja memilih untuk mempertontonkan kemampuan terbaik kepada publik Stamford Bridge.

William Gallas, Joe Cole, dan Ricardo Carvalho memaksa Manchester United mesti memungut bola sebanyak tiga kali. Seluruh gol Chelsea tercipta melalui permainan terbuka yang semakin membuktikan perbedaan kelas dengan tim tamu.

Hari itu, Manchester United tampak kalah segalanya dari Chelsea. Duet John Terry dan Ricardo Carvalho di lini belakang membuat Wayne Rooney mati kutu, sedangkan keberadaan Claude Makelele di lini tengah sanggup menghilangkan kreasi Ryan Giggs dan Cristiano Ronaldo.

Di lini depan, kolaborasi Didier Drogba dan Arjen Robben sama sekali tak bisa dibendung oleh barikade pertahanan Man United yang digalang Rio Ferdinand. Wajar saja bila kedudukan akhir terbilang telak.

“Saya menegaskan kepada para pemain untuk tak membiarkan lawan datang ke sini dan merebut piala kami. Saya meyakini sepenuhnya bahwa trofi Liga Inggris 2005-2006 adalah milik Chelsea,” kata Jose Mourinho.

Duel menghadapi Manchester United sebetulnya cuma satu dari sekian banyak contoh dominasi Chelsea musim itu. The Blues bertengger di puncak klasemen hampir sepanjang 2005-2006 sehingga sangat layak menggenggam trofi kedua secara beruntun setelah 2004-2005.

“Chelsea sangat pantas juara karena mendominasi liga sejak awal musim,” cetus Jose Mourinho sembari menegaskan superioritas timnya di Liga Inggris 2005-2006. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%