Bola Internasional

Mengenal Sun Wen, Wanita yang Jadi Ikon Sepak Bola China di Mata Dunia

Sabtu, 1 Mei 2021 18:59 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Tom Hauck/Getty Images
Sun Wen (pesepak bola wanita China). Copyright: © Tom Hauck/Getty Images
Sun Wen (pesepak bola wanita China).

INDOSPORT.COM – China menjadi salah satu negara terbesar di dunia. Di kancah sepak bola, tak banyak pemain asal negeri tirai bambu yang punya nama mentereng karena prestasi selain Sun Wen.

Berbicara sepak bola China, siapakah pemain yang dikenal dari negeri tirai bambu tersebut? Pasti pecinta sepak bola sepakat menunjuk nama Dong Fangzhuo dan Wu Lei.

Dong Fhangzuo dan Wu Lei menjadi buah bibir karena diboyong oleh raksasa Eropa yakni Manchester United dan Espanyol. Nama keduanya naik di kancah sepak bola dunia karena statusnya yang secara tak langsung terangkat karena diboyong tim papan atas.

Keduanya bak ikan kecil di kolam yang besar karena mencoba peruntungan di sepak bola Eropa yang menjadi kiblat sepak bola dunia.

Meski nama Dong Fangzhuo dan Wu Lei dikenal karena statusnya yang terangkat, keduanya tak menjadi ikon sepak bola China sendiri. Justru yang menjadi wajah dari sepak bola negeri tirai bambu adalah pesepak bola wanita bernama Sun Wen.

Bagi warga China, nama Sun Wen bak Dewi. Ia adalah ikon sepak bola negeri tirai bambu karena ia mampu berbicara banyak di kancah dunia sepak bola.

Kecintaan Sun Wen pada sepak bola menular dari sang ayah yang merupakan pemain amatir. Pada usia 13 tahun, ia masuk ke sekolah olahraga untuk anak-anak.

Saat memasuki jenjang kuliah, Sun Wen yang berkuliah di University of Shanghai menjalani karier profesionalnya di Shanghai SVA.

Ia membela Shanghai SVA lebih dari satu dekade dengan total 650 penampilan lebih dan mencetak 164 gol. Namun, karier terbaiknya adalah bersama tim nasional wanita China.