Liga Inggris

Mengenal Hastag United, Tim yang Lahir dan Berkembang Pesat Berkat Internet

Selasa, 4 Mei 2021 22:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Tim sepak bola asal Inggris, Hastag United. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Tim sepak bola asal Inggris, Hastag United.

INDOSPORT.COM – Banyak hal-hal unik lahir di dunia sepak bola. Salah satunya kehadiran klub bernama Hastag United yang berasal dari Inggris.

Sepak bola menghadirkan banyak kisah menarik dalam perjalanannya. Sebelumnya, INDOSPORT menuliskan artikel tentang FC United of Manchester.

FC United of Manchester sendiri merupakan sebuah klub yang lahir karena rasa ‘sakit hati’ yang diterima pendukung Manchester United.

Salah satu penyebabnya adalah kehadiran Keluarga Glazer yang menguasai saham mayoritas Setan Merah pada 2005 silam. Usut punya usut, akuisisi Man United ini dilakukan dengan cara utang.

Glazer mengambil alih Man United dengan dana sebesar 790.3 juta poundsterling. Dana itu lantas menguasai 90 prsen saham Setan Merah.

Dilaporkan, 265 juta poundsterling dari dana yang dikeluarkan Glazer berangkat dari utang ke Bank di masa Man United dijadikan sebagai agunan.

Alhasil sejak diambil alih Glazer, Man United terus terlilit utang. Bahkan di 2010, Glazer mengakui 500 juta poundsterling dari dana akuisisi tersebut didapat dari Obligasi.

FC United of Manchester pun lahir sejak Glazer mengakuisisi Man United. Selain hal tersebut, FC United of Manchester lahir karena Setan Merah dianggap komersil dengan menaikkan harga tiket.

Serupa tapi tak sama, di Inggris ada pula klub bernama Hastag United. Berbeda dengan FC United of Manchester, Hastag United lahir karena keisengan YouTuber bernama Spencer Owen.

Spencer Owen ‘menciptakan’ Hastag United sejatinya hanya untuk bersenang-senang saja. Tapi, kini klub tersebut telah menjadi klub semi-profesional yang bermain di kasta sepak bola Inggris. Bagaimana perjalanan klub ini? Berikut kisahnya.