Liga Champions

Menanti All England Final di Ajang Liga Champions dan Liga Europa 20/21, Sejarah Terulang?

Rabu, 5 Mei 2021 17:31 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Michael Regan/Getty Images
Potret keberhasilan Liverpool juara Liga Champions usai menaklukan Tottenham dengan skor 2-0 tanpa balas. Michael Regan/Getty Images Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Potret keberhasilan Liverpool juara Liga Champions usai menaklukan Tottenham dengan skor 2-0 tanpa balas. Michael Regan/Getty Images

INDOSPORT.COM – Jelang pertandingan semifinal leg kedua Liga Champions dan Liga Europa 20/21, empat tim asal Inggris berpotensi saling bertemu di laga puncak serta mengulang kembali sejarah all England final tahun 2019 silam.

Pada Kamis (05/05/21) dini hari WIB nanti, duel sengit dalam lanjutan fase knock out babak semifinal Liga Champions antara Chelsea vs Real Madrid akan tersaji.

Bertanding di stadion Stamford Bridge, tim tuan rumah Chelsea punya peluang besar untuk lolos ke babak final lantaran mengantongi gol tandang pada pertemuan pertama.

Berbekal hasil imbang 1-1 di Stadion Alfredo Di Stéfano pada Rabu (28/04/21) lalu, Chelsea pun hanya butuh bermain tanpa gol di leg kedua saat berjumpa Real Madrid.

Namun, untuk menahan imbang tanpa gol saat bertemu klub sekelas Real Madrid tampaknya bukan perkara gampang. Apalagi, skuad berjuluk Los Blancos itu merupakan raja di kompetisi Liga Champions dengan torehan gelar terbanyak sejauh ini.

Selain itu, dari statistik pertandingan terakhir juga menunjukkan bahwa Real Madrid sedang berada dalam kondisi on fire dengan catatkan 13 laga tak terkalahkan di La Liga Spanyol.

Lain halnya dengan Chelsea, mereka sempat menelan kekalahan dari tim papan tengah West Brom pada lanjutan pekan ke-30 Liga Inggris awal April lalu.

Andai sukses melewati hadangan Real Madrid, maka musim ini tim Liga Inggris akan menguasai partai puncak ajang Liga Champions.

Sebagai informasi, sebelumnya Manchester City yang lebih dulu bermain di babak semifinal berhasil melenggang ke final usai mengalahkan Paris Saint Germain dengan skor 2-0.

Berbekal kemenangan tersebut, Manchester City yang unggul agregat 4-1 atas Paris Saint German pun sukses catatkan sejarah dengan lolos untuk pertama kalinya ke final Liga Champions.

Sepanjang bergulirnya gelaran Liga Champions, memang sangat jarang ada dua perwakilan dari satu negara yang bisa sama-sama tampil di babak akhir.

Tercatat, sejak pertama kali bergulir pada tahun 1955 silam hanya ada empat negara yang bisa mewakilkan dua timnya di final. Mereka adalah Spanyol, Italia, Jerman dan Inggris.

Di mana duel antara Real Madrid kontra Valencia pada final Liga Champions 2000 silam, menjadi pertandingan antar klub senegara pertama yang terjadi.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stade de France tersebut, Real Madrid berhasil keluar sebagai pemenang dengan menumbangkan Valencia lewat tiga gol tanpa balas.

Sementara untuk dataran Inggris sendiri, setidaknya ada dua kali kesempatan dimana tim-tim asal Premier League berhasil bertemu dalam satu pertandingan final Liga Champions.

Yakni pada musim 2007/08 silam yang mempertemukan Manchester United vs Chelsea, serta musim 2018/19 antara Liverpool vs Tottenham Hotspur.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%