Liga Indonesia

Kaku, Jacksen Tiago Sebut Persipura Mental Bertanding Masih Bermasalah

Kamis, 6 Mei 2021 11:55 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Sudjarwo/Indosport
Jacksen Tiago saat memberikan arahan kepada skuatnya Copyright: © Sudjarwo/Indosport
Jacksen Tiago saat memberikan arahan kepada skuatnya

INDOSPORT.COM - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago, akhirnya membeberkan faktor penyebab kekalahan timnya dari klub Liga 2, Putra Safin Grup (PSG) Pati, dalam pertandingan uji coba di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, berapa hari lalu.

Juru taktik berkebangsaan Brasil itu menyebut kekalahan timnya karena beberapa faktor. Paling menonjol adalah mental bertanding pemain yang belum kembali 100 persen.

Jacksen mengaku, pasca kembali dari libur selama setahun lebih akibat pandemi virus corona, anak asuhnya butuh atmosfer kompetisi untuk bisa memulihkan mental bertanding mereka.

Terlebih, skuat Persipura Jayapura saat ini banyak dihuni pendatang baru, tepatnya para pemain muda yang baru diorbitkan ke tim utama.

"Mereka bermain tak seperti uji coba pertama. Kerja sama tim tidak maksimal," ungkap Jacksen F. Tiago kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (5/5/21). 

"Kami tak bermain sesuai konsep latihan yang mengandalkan kolektivitas. Mental bertanding perlu dibenahi, soalnya setahun tidak bermain di laga kompetitif akibat pandemi," cetusnya.

Meski kalah, Jacksen tak merasa was-was. Dirinya masih ingin Persipura terus menjajal laga uji coba untuk mematangkan persiapan mereka menuju Piala AFC.

Sehabis menjalani vaksinasi tahap kedua, Selasa (4/5/21) lalu, skuat Persipura akan kembali melakoni laga uji coba pada Sabtu (8/5/21).

"Kemarin kami baru dapat suntik vaksin Covid-19 tahap kedua. Saya juga masih mencari lawan tanding buat Sabtu besok," kata Jacksen F. Tiago.