In-depth

Hitung-hitungan Peluang Juara LaLiga 2020-2021: Atletico Panik, Barcelona Salip Duo Madrid?

Sabtu, 8 Mei 2021 10:42 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Pekan panas akan tersaji pada pekan ke-35 LaLiga Spanyol 2020-2021, bagaimana hitung-hitungan juara keempat tim teratas? peluang Juara LaLiga 2020-2021. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Pekan panas akan tersaji pada pekan ke-35 LaLiga Spanyol 2020-2021, bagaimana hitung-hitungan juara keempat tim teratas? peluang Juara LaLiga 2020-2021.

INDOSPORT.COM - Pekan panas akan tersaji pada pekan ke-35 LaLiga Spanyol 2020-2021. Bak laga final, akhir pekan ini akan sangat menentukan persaingan gelar juara LaLiga Spanyol. 

Bagaimana tidak, empat tim teratas liga akan saling berhadapan satu sama lain. Tim peringkat ketiga, Barcelona, akan bersua dengan pemuncak klasemen, Atletico Madrid. 

Di lain tempat, klub penghuni posisi kedua akan ditantang tim peringkat keempat, Sevilla. Ketatnya perolehan poin keempat tim menjadikan petarungan pekan ke-35 spesial. 

Saat ini peringkat pertama dan keempat hanya berjarak enam poin. Atletico untuk sementara memimpin di puncak dengan 76 poin diikuti oleh rival sekota, Real Madrid dengan 74 poin. 

Kemudian di posisi ketiga ada Barcelona yang juga mengumpulkan 74 poin. Terakhir, di posisi keempat, ada Sevilla yang siap mengancam dengan 70 poin. 

Kompetisi LaLiga tinggal menyisakan empat laga lagi (12 poin diperebutkan). Itu artinya, kemenangan alias tiga poin akan sangat berharga bagi para pemenangnya di pekan ke-35 ini.

Untuk membahas dengan lengkap hitung-hitungan LaLiga musim 2020-2021, berikut kami telah siapkan perhitungan peluang juara tiap tim.

Atletico Madrid

Atletico Madrid jelas menjadi tim yang paling di atas angin dalam perburuan gelar musim ini. Sebab, mereka bisa bergantung pada diri sendiri untuk bisa memastikan gelar juara LaLiga Spanyol 2020-2021. 

Atletico saat ini memimpin dengan selisih dua poin dari tim peringkat kedua dan ketiga. Meski begitu, perjuangan mereka untuk mempertahankan posisi di puncak tidaklah mudah. 

Sebab, mereka masih harus berhadapan dengan tim kuat, Barcelona, pada pekan ke-35 ini. Jika mereka kalah, maka bisa dipastikan posisi puncak klasemen akan direbut oleh Barcelona atau Real Madrid. 

Jika yang terjadi demikian, maka Atletico harus bergantung pada hasil tim lainnya di tiga laga tersisa sambil berkonsentrasi memenangkan tiap laga. 

© Atletico Madrid
Pemandangan pertandingan LaLiga Spanyol antara Villarreal vs Atletico Madrid, Minggu (28/2/21). Copyright: Atletico MadridPemandangan pertandingan LaLiga Spanyol antara Villarreal vs Atletico Madrid, Minggu (28/2/21).

Namun begitu, Atletico bukan tanpa peluang. Benar bahwa kekalahan atas Barcelona akan berisiko besar untuk Atletico. 

Akan tetapi, perjumpaan melawan Barcelona juga bisa dijadikan momen kunci untuk untuk Los Rojiblancos mengamankan gelar juara LaLiga 2020-2021. Ya, jika menang melawan Barcelona, maka Atletico akan memimpin dengan 79 poin, berselisih enam angka dengan Barca. 

Dengan sisa tiga laga, akan sulit bagi Barca memangkas jarak poin tersebut. Satu-satunya saingan terberat Atletico jika berhasil mengalahkan Barca adalah Real Madrid. Itu pun dengan syarat Real Madrid bisa menumbangkan Sevilla pekan ini. 

Jika Barca berhasil diatasi, maka perjuangan Atletico merebut gelar juara bak jalan tol. Sebab tiga lawan mereka berikutnya adalah tim-tim yang di atas kertas bisa dikalahkan. Mungkin Atletico harus lebih berwaspada dengan Real Sociedad. 

Jadwal 4 Pekan Tersisa Atletico Madrid
vs Barcelona (08/05/21) (A)
vs Real Sociedad (13/05/21) (H)
vs Osasuna (16/05/21) (H)
vs Real Valladolid (23/05/21) (A)

Real Madrid

Real Madrid harus membayar mahal kegagalan mereka meraih poin maksimal pada pekan ke-32 dan 33. Hasil imbang yang diraih melawan Betis dan Getafe membuat skuad asuhan Zinedine Zidane kehilangan empat poin berharga. 

Saat ini Madrid masih harus menguntit Atletico di posisi kedua klasemen dengan 74 poin (selisih 2 angka dari Atletico). Maka dari itu, Sergio Ramos dkk tak boleh lagi buang-buang poin jika ingin meraih gelar juara liga musim ini. 

Dibanding Barca dan Atletico, performa Real Madrid di liga terbilang yang paling baik. Mereka belum terkalahkan sejak pekan ke-22 dengan meraih 9 kemenangan dan 4 imbang. 

Los Blancos bertekad melanjutkan tren positif ini hingga akhir musim. Jika Madrid mampu mepertahankan performa mereka dan di waktu bersamaan Atletico tumbang dari Barcelona di pekan ke-35, maka peluang El Real merengkuh gelar juara menjadi lebih besar. 

© Diego Souto/Quality Sport Images/Getty Images
Pertandingan El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona pada lanjutan pekan ke-30 LaLiga Spanyol 2020-2021. Copyright: Diego Souto/Quality Sport Images/Getty ImagesPertandingan El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona pada lanjutan pekan ke-30 LaLiga Spanyol 2020-2021.

Sayangnya, perjuangan Los Blancos masih akan cukup terjal. Sebab mereka masih harus bersua dengan empat tim kuda hitam di sisa pertandingan LaLiga musim ini. Mereka adalah Sevilla, Granada, Bilbao, dan Villarreal. 

Seperti diketahui, keempat lawan Madrid tersebut merupakan tim-tim pembunuh raksasa musim ini. Sevilla bahkan mampu bersaing dalam perburuan gelar. 

Begitu pun dengan Villarreal yang tembus ke final Liga Europa. Keempat tim memiliki potensi untuk menahan imbang atau bahkan memberikan kekalahan bagi El Real. 

Akan sangat rentan bagi Real Madrid untuk terpeleset. Maka dari itu, kemenangan atas Sevilla adalah harga mati karena di pekan yang sama Atletico bisa saja kalah dari Barcelona. 

Jika seri atau kalah di pekan ke-35, maka El Real harus bekerja ekstra keras untuk bisa sapu bersih di tiga laga sisa. Jika tidak, Real Madrid harus merelakan gelar liga musim ini dan bahkan berpotensi finis di posisi ketiga.   

Jadwal 4 Pekan Tersisa Real Madrid
vs Sevilla (10/05/21) (H)
vs Grabada (14/05/21) (A)
vs Bilbao (16/05/21) (A)
vs Villarreal (23/05/21) (H)