In-depth

Mengenal Armando Broja, Wonderkid Chelsea yang Bakal Gantikan Tammy Abraham

Sabtu, 8 Mei 2021 16:46 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© instagram.com/armando.broja
Wonderkid Chelsea yang membela Vitesse, Armando Broja (tengah). Copyright: © instagram.com/armando.broja
Wonderkid Chelsea yang membela Vitesse, Armando Broja (tengah).
Armando Broja: Permata Chelsea dari Albania

Sebagai permulaan, Tammy Abraham menjadi salah satu pemain kesayangan pendukung Chelsea. Sebab, torehan golnya terbilang cukup baik.

Di usia 23 tahun, Abraham telah mencetak 30 gol bagi tim senior Chelsea dalam 82 penampilan di segala ajang. Bagi pemain muda, catatan ini cukup apik.

Bahkan, torehan golnya di level profesional telah mencapai total 90 gol yang terbagi saat ia menjalani peminjaman di Bristol City, Swanse City, dan Aston Villa.

Jika dibandingkan Broja yang lebih muda empat tahun, Abraham tentu seharusnya lebih dipilih oleh Chelsea ketimbang nama pertama.

Namun, Chelsea punya alasan khusus mengapa begitu mempercayai Broja yang berpotensi menggantikan Abraham yang akan dilepas di musim panas 2021 nanti.

Sebagai informasi, Broja saat ini menjalani karier profesional pertamanya bersama Vitesse dengan status pinjaman. Di musim pertama di level senior ini, ia telah mencetak 11 gol dalam 32 laga di segala ajang.

Broja telah mencetak 10 gol dan berstatus top skor Vitesse di Eredivisie Belanda musim ini. Berkat penampilannya itu, ia mampu membawa Vitesse duduk di tempat keempat dan berpeluang tampil di Eropa musim depan.

Dilihat dari kualitas liga, catatan itu cukup menggambarkan bahwa Broja punya potensi lebih besar dibandingkan Abraham yang menjalani karier profesional pertamanya di kasta kedua Liga Inggris bersama Bristol City dengan 26 gol.

Lalu membandingkan karakter permainan keduanya, Broja lebih unggul ketimbang Abraham saat ini. Dikutip dari Whoscored, Broja memiliki keunggulan dalam hal dribel, Link Up Play, dan juga memanfaatkan peluang.

Hal ini berbanding terbalik dengan Abraham yang hanya unggul dalam hal Finishing semata. Selain itu, karakter Abraham cenderung memperlambat permainan dan tak memiliki etos kerja apik secara kolektif.

Mungkin Chelsea takkan serta merta memasukkan Broja untuk menggantikan Abraham di musim depan. Bisa saja The Blues meminjamkan Broja kembali ke Vitesse atau tim lainnya untuk mengasah kemampuannya lebih jauh.

Namun satu hal yang pasti, Armando Broja memiliki potensi lebih besar dari Tammy Abraham yang bisa membuat Chelsea berhemat jika ingin mendatangkan penyerang di kemudian hari.

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%