Liga Italia

Gagal Pertahankan Gelar Serie A, Gianluigi Buffon Resmi Tinggalkan Juventus di Akhir Musim

Selasa, 11 Mei 2021 22:47 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Getty Images
Gianluigi Buffon, kiper Juventus. Copyright: © Getty Images
Gianluigi Buffon, kiper Juventus.

INDOSPORT.COM – Jelang pembukaan bursa transfer musim panas mendatang, kabar mengejutkan datang dari salah satu kiper senior Italia, Gianluigi Buffon yang resmi tinggalkan Juventus untuk kedua kalinya sepanjang sejarah.

Pada gelaran Liga Italia musim 20/21, Juventus sendiri memang tampil dibawah performa terbaik mereka. Berstatus juara bertahan sembilan tahun beruntun, Si Nyonya Tua gagal jadi pesaing Inter Milan sebagai capolista.

Teranyar, skuad arahan Andrea Pirlo tersebut ditumbangkan AC Milan dengan skor telak hingga tiga gol tanpa balas dalam lanjutan pekan ke-35 Liga Italia.

Dengan hasil tersebut, Juventus pun kini tertahan di peringkat lima klasemen semenetara Liga Italia usai mengumpulkan 69 angka, berjarak satu poin dari Napoli di urutan empat atau batas akhir zona Champions.

Usai memastikan diri gagal mempertahankan gelar Serie A, salah satu punggawa Juventus yang cukup legendaris, Gianluigi Buffon mengumumkan bahwa musim ini adalah tahun terakhirnya berseragam Hitam-Putih.

"Saya telah memutuskan untuk meninggalkan Juventus pada akhir musim, saya tidak akan memperpanjang kontrak," kata Buffon dilansir dari beIN Sports.

"Saya pikir saya telah memberikan segalanya untuk Juve. Saya telah menerima segalanya dan lebih banyak lagi yang tidak dapat dilakukan. Kami telah mencapai akhir siklus," tambahnya.

Meski telah berusia 43 tahun, namun sepanjang musim 20/21 Gianluigi Buffon tetap sering mendapat menit bermain. Pengalamannya dianggap masih sangat dibutuhkan terutama saat hadapi tim-tim besar.

Tercatat, kiper yang telah memperkuat Juventus selama 19 tahun ini mampu bermain sebanyak 12 pertandingan dengan raihan 6 kali clean sheets.

Selain itu, Buffon juga jadi pilihan utama Juventus saat bertanding di ajang Coppa Italia dan sukses menghantarkan Bianconeri ke partai final musim ini.