Liga Indonesia

Panser Biru Tolak Kompetisi Liga 1 Tanpa Degradasi, Minta PSIS 1 Suara

Minggu, 16 Mei 2021 17:45 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Media Panser Biru
Ketua umum Panser Biru, Galih Eko Putranto. Copyright: © Media Panser Biru
Ketua umum Panser Biru, Galih Eko Putranto.

INDOSPORT.COM - Kelompok suporter PSIS Semarang, Panser Biru, dengan tegas menolak penghapusan degradasi di Liga 1 2021. Mereka sependapat dengan sebagian besar pelaku sepak bola Indonesia.

Sebelumya, isu kompetisi tanpa degradasi memang mencuat usai beberapa anggota Exco PSSI mengatakan ada sejumlah usulan klub peserta Liga 1 dan Liga 2 yang menolak ada degradasi di tengah pandemi virus corona akan berdampak terhadap pemasukan klub.

Menurut Ketua Umum Panser Biru, Galih Eko Putranto, sebuah kompetisi yang ideal harus tetap menggunakan sistem degradasi supaya marwah dan sportivitasnya tetap terjaga.

“Kami dari Panser Biru menolak wacana penghapusan degradasi di Liga 1. Menurut kami, idealnya kompetisi hendaknya tetap harus menjaga aroma sportivitas dengan menghadirkan tontonan sepak bola yang berbobot untuk masyarakat,” tutur Galih.

“Kualitas liga akan terjaga dengan adanya tim yang bekerja keras untuk juara serta promosi serta berusaha mati-matian berjuang agar terhindar dari degradasi,” lanjut eks ketua harian Panser Biru ini.

Sebetulnya Panser Biru menyadari bahwa keuangan semua klub, termasuk PSIS tengah sulit di tengah pandemi, namun menurutnya itu bukan sebuah alasan untuk meniadakan sistem degradasi di Liga 1 2021.

“Kami pun memahami situasi ekonomi sedang tidak stabil, sehingga banyak tim terkena efek dari pandemi covid-19 yang sampai saat ini belum juga berakhir," cetusnya. 

"Kami berharap PSSI sebagai federasi tertinggi sepak bola Indonesia bisa lebih bijaksana dan mencari solusi terbaik untuk terlaksananya Liga 1 yang akan berlangsung Juli nanti bisa berjalan normal seperti biasa dan tetap menjaga protokol kesehatan,” tandas Galih Eko.