Bola Internasional

Masuk Pot 3 Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Berpeluang Bertemu Korea Selatan dan Jepang

Senin, 17 Mei 2021 10:29 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Indosport.com
Logo AFC U 23 Championship Copyright: © Indosport.com
Logo AFC U 23 Championship

INDOSPORT.COM – Indonesia masuk pot 3 pada kualifikasi Piala Asia U-23 yang akan digelar pada Oktober mendatang. Ini membuka peluang mereka bertemu dua tim  terkuat di Asia, yakni Korea Selatan dan Jepang.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 akan digelar pada 23-31 Oktober 2021. Pengundian pembagian grup akan dilakukan di AFC House, Kuala Lumpur, Malaysia.  

Dilansir dari Goal, Federasi Sepak Bola Asia (AFC) telag menetapkan pot untuk Kualifikasi Zona Timur Piala Asia U-23. Zona Timur terdiri atas negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur.

Timnas Indonesia U-23 masuk di pot 3 bersama dengan Timor Leste, Kambojam dan Laos. Selain itu, ada juga Hong Kong yang menjadi satu-satunya tim yang berasal dari luar Asia Tenggara.

Dengan hasil pembagian pot ini, Indonesia pun punya peluang besar untuk bertemu dua raksasa sepak bola di Asia, yakni Korea Selatan dan Jepang.

Korea Selatan masuk pada pot 1, bersama dengan sejumlah tim kuat lainnya yakni Australia, Korea Utara, Thailand dan Vietnam.

Sedangkan Jepang masuk di pot kedua bersama dengan China, Malaysia, Singapura dan Myanmar.

Untuk pot keempat  atau pot terakhir Kualifikasi Piala Asia U-23, ada China-Taipei, Filipina, Kepulauan Mariana Utara, Guam, Makau, Mongolia, dan Brunei Darussalam.

Total nantinya hanya akan ada 16 tim yang tampil pada kejuaraan ini, dengan ketetapan pemain maksimal kelahiran 1999 untuk tampil di Piala Asia U-23 ini.

Seperti yang telah ditetapkan AFC sebelumnya, kejuaraan tersebut awalnya ingin digelar pada Juni tahun depan, namun dipindah ke September. Uzbekistan pun dipercaya menjadi tuan rumah dari Piala Asia U-23 2022.

Sebelumnya Uzbekistan juga batal menjadi tuan rumah untuk Piala Asia U-19 tahun lalu, yang terpaksa gagal digelar lantaran pandemi virus corona melanda dunia. Namun, Uzbekistan memohon supaya mereka jadi tuan rumah ajang tersebut.

“Turnamen, yang dimenangkan oleh Korea Selatan ketika diadakan di Thailand tahun lalu, akan memulai kualifikasi akhir tahun ini dari 23-31 Oktober 2021 dalam format terpusat dengan tempat yang akan diputuskan dan dikomunikasikan pada waktunya,” kutip AFC dalam situs mereka.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%