Bola Internasional

Korea Utara Resmi Mundur dari Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Selasa, 4 Mei 2021 09:38 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© FIFA.com
Timnas Korea Utara memutuskan mundur dari sisa pertandingan Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Korea Selatan. Copyright: © FIFA.com
Timnas Korea Utara memutuskan mundur dari sisa pertandingan Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Korea Selatan.

INDOSPORT.COM - Timnas Korea Utara memutuskan mundur dari sisa pertandingan Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang rencananya digelar di Korea Selatan.

Dilansir dari Reuters, Asosiasi Sepak Bola Korea Utara (PRKFA) telah mengirimkan surat kepada AFC pada Jumat (30/4/21) bahwa mereka tidak akan mengirimkan skuat di laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Bukan tanpa alasan, mereka mundur karena mendapatkan tekanan pemerintah Korea Utara yang ingin melindungi atlet dari krisis kesehatan global karena pandemi virus corona.

AFC yang menerima surat tersebut kemudian meminta pihak Korea Utara untuk mempertimbangkan keputusan tersebut. Pasalnya, Korea Utara masih memiliki peluang sangat besar untuk lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Seperti diketahui, dalam persaingan Grup H, Korea Utara saat ini duduk di posisi keempat klasemen sementara dengan koleksi delapan poin dari lima pertandingan.

Poin tersebut sama dengan Korea Selatan di peringkat dua, Lebanon di posisi tiga, dan hanya kalah satu poin dari sang pemuncak, Turkmenistan.

Bila Korea Utara bisa mengatasi tiga pertandingan sisa melawan Sri Langka, Korea Selatan, dan Turkmeninstan, mereka pun bakal lolos ke babak selanjutnya.

Sementara itu, ini bukan pertama kalinya Korea Utara memutuskan mundur dari ajang bergengsi. Sebelumnya, Kementerian Olahraga Korea Utara juga telah memutuskan tidak akan mengirim atlet ke Olimpiade Tokyo tahun ini dengan alasan yang sama.