Liga Indonesia

Pendapat Kapten Persib Soal Format Kompetisi yang Pas untuk Liga 1

Rabu, 19 Mei 2021 09:11 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir.

INDOSPORT.COM - Kapten tim Persib Bandung, Supardi Nasir, memberikan pendapatnya mengenai format yang pas diterapkan pada kompetisi Liga 1 2021.

Menurut Supardi, format kompetisi dua wilayah lebih ideal diterpakan di Indonesia dibandingkan dengan satu wilayah. Pasalnya, klub peserta Liga 1 2021 tersebar di berbagai Kota dan Kabupaten mulai dari Aceh hingga Papua.

Sehingga, dengan format dua wilayah Supardi menilai bisa menghemat anggaran setiap klub. Lantaran, jarak tempuh untuk melakoni pertandingan satu ke laga lainnya tidak terlalu jauh.

"Untuk format, menurut saya idealnya dengan letak geografis kita sekarang seperti Indonesia lebih cocok ke dua wilayah. Dengan itu sedikit menghemat administrasi tentunya. Tidak memberatkan tim," kata Supardi. 

"Maksudnya wilayah barat dengan wilayah timur. Jarak tempuh juga tidak terlalu jauh. Itu pendapat yang menurut saya ideal," ucap pemain yang sempat memperkuat Sriwijaya FC ini.

Supardi menambahkan, jika format dua wilayah diterpakan maka dua atau empat tim terbaik dari setiap wilayah bisa dipertemukan untuk mencari juaranya. Seperti pada saat kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014 lalu.

Meski begitu, sebagai pemain sepakbola, Supardi saat ini masih menunggu informasi resmi dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengenai format dan izin digelarnya kompetisi Liga 1 2021.

"Kalau seperti Menpora itu untuk turnamen saja. Tapi untuk kompetisi lebih idealnya dua wilayah. Mungkin nanti di dua terbaik atau empat atau satu terbaik setiap grup diadukan lagi untuk jadi juara. Tapi yang penting bagi saya kalau pendapat saya idealnya memang dua wilayah. Sepeti itu pendapat saya," jelasnya.