In-depth

Termasuk Incaran AC Milan, 5 Kandidat Pengganti Gennaro Gattuso di Napoli

Senin, 24 Mei 2021 17:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Nicolo Campo/GettyImages/StickPNG
Gennaro Gattuso dipecat dari kursi pelatih Napoli usai gagal meloloskan timnya ke Liga Champions. Termasuk incaran AC Milan, ini dia 5 calon penggantinya. Copyright: © Nicolo Campo/GettyImages/StickPNG
Gennaro Gattuso dipecat dari kursi pelatih Napoli usai gagal meloloskan timnya ke Liga Champions. Termasuk incaran AC Milan, ini dia 5 calon penggantinya.

INDOSPORT.COM – Gennaro Gattuso dipecat dari kursi pelatih Napoli usai gagal meloloskan timnya ke Liga Champions. Termasuk incaran AC Milan, ini dia 5 calon penggantinya.

Kabar kurang menyenangkan datang dari klub Serie A Italia, Napoli. Kegagalan finis di 4 besar dan merebut tiket Liga Champions membuat manajemen klub memutuskan mendepak pelatih Gennaro Gattuso.

Seperti diketahui, jelang pekan terakhir Serie A Italia, posisi Partenopei di peringkat 4 memang masih belum aman karena masih bisa disalip Juventus yang berada di posisi 5 dengan selisih hanya 1 poin.

Petaka pun terjadi di laga pekan ke-38 ketika Napoli menghadapi Verona, Senin (24/05/21) dini hari WIB. Butuh kemenangan demi memastikan posisi 4 besar Serie A Italia dan tiket Liga Champions, Napoli justru hanya mampu bermain imbang 1-1.

Sementara itu, Juventus sukses menang telak 4-1 atas Bologna di saat yang sama. Akibatnya, Napoli pun turun ke posisi 5 klasemen akhir tersalip Juventus, dan hanya bisa tampil di Liga Europa musim depan.

Hasil ini pun segera direspons manajemen klub dengan mendepak Gennaro Gattuso. Melalui media sosial mereka, Napoli mengunggah foto Gattuso diiringi keterangan singkat bertuliskan “Terima kasih, Bos!”

Dengan didepaknya pria berjuluk Si Badak itu, Partenopei pun membutuhkan pelatih baru musim depan. Berikut ini 5 nama yang bisa jadi pengganti Gattuso, termasuk mantan juru taktik Inter Milan dan Juventus dan pelatih incaran AC Milan.

5. Christophe Galtier

Dari luar Serie A Italia, satu nama yang dikaitkan dengan Napoli adalan pelatih Lille, Christophe Galtier. Melatih Lille sejak 2017, pria 54 tahun itu sukses membawa tim tersebut stabil di papan atas, hingga akhirnya menjadi juara musim ini.

Kontrak Christophe Galtier di Lille akan habis 30 Juni nanti. Namun, dengan kesuksesannya membawa tim tersebut menjuarai Ligue 1 musim ini, besar kemungkinan ia akan bertahan lebih lama. Selain Napoli, Galtier juga sempat disebut masuk dalam radar AC Milan.

4. Rafael Benitez

Rafael Benitez sudah dikaitkan dengan Napoli sejak awal tahun ini seiring menurunnya performa Partenopei. Dengan statusnya yang menganggur usai meninggalkan Dalian Professional pada Januari lalu, Napoli tak perlu merogoh kocek untuk memboyong pria Spanyol itu ke San Paolo.

Rafael Benitez sendiri bukan wajah asing karena pernah membesut Partenopei selama 2 musim pada 2013-2015 dengan hasil 1 trofi Coppa Italia. Dengan demikian, ia takkan kesulitan beraptasi. Namun, Napoli harus bergerak cepat karena Benitez kini diincar Wolverhampton yang  baru ditinggal Nuno Santo.