Bola Internasional

Penjelasan UEFA Conference League atau Kompetisi Kasta Ke-3 Eropa

Selasa, 25 Mei 2021 05:47 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Juni Adi
© Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Musim depan bakal ada ajang baru yaitu UEFA Conference League atau kompetisi kasta ketiga Eropa di bawah Liga Champions dan Liga Europa. Copyright: © Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Musim depan bakal ada ajang baru yaitu UEFA Conference League atau kompetisi kasta ketiga Eropa di bawah Liga Champions dan Liga Europa.

INDOSPORT.COM - Musim depan bakal ada ajang baru yaitu UEFA Conference League atau kompetisi kasta ketiga Eropa di bawah Liga Champions dan Liga Europa.

Tottenham Hotspur baru saja memastikan lolos ke UEFA Conference League karena finis di posisi ketujuh klasemen Liga Inggris musim 2020-2021.

Banyak yang belum mengetahui apa itu UEFA Conference League dan bagaimana format kompetsi tersebut. Berikut INDOSPORT akan menjelaskan menurut insformasi yang didapat dari laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Sejak musim 1998-1999 silam, hanya ada dua kompetisi Eropa yaitu Liga Champions dan Liga Europa. Musim 2021-2022 mendatang bakal ada tiga kompetisi selain Liga Champions dan Liga Europa yakni UEFA Conference League.

Kompetisi ini utamanya untuk klub-klub yang lolos via jalur liga domestik, meski beberapa liga bisa menerapkan aturan lolos melalui jalur juara piala domestik.

Hanya satu klub dari setiap lima liga top Eropa yang masuk dalam ajang ini dan tidak ada klub yang bakal lolos otomatis ke babak fase grup.

Sementara itu, untuk negara-negara yang berada di peringkat enam sampai 15 dalam ranking koefisien UEFA diperbolehkan mengirim dua klub. Sedangkan negara di peringkat 16 hingga 50, akan mendapatkan jatah tiga klub.