Bola Internasional

5 Pemain Keturunan di Eropa yang Bisa Dilirik Timnas untuk Gantikan Elkan Baggott

Rabu, 26 Mei 2021 19:50 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Yanto/Indosport.com
5 Pemain Keturunan di Eropa Pengganti Elkan Baggott yang Bisa Dilirik Timnas Indonesia Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
5 Pemain Keturunan di Eropa Pengganti Elkan Baggott yang Bisa Dilirik Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM – Melihat lima pemain keturunan di kompetisi Eropa yang bisa dilirik pelatih Timnas Indonesia dan PSSI untuk gantikan posisi Elkan Baggott. Siapa sajakah mereka?

Sebelumnya, nama Elkan Baggott sendiri ramai jadi perbincangan lantaran bek muda potensial ini dipastikan batal bergabung dengan timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab. Bek berusia 18 tahun itu rupanya memilih mundur dengan alasan tertentu.

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi menjelaskan, Elkan telah berkomunikasi dan meminta untuk batal bergabung. Pemain blasteran Indonesia-Inggris itu mempertimbangan Uni Emirat Arab yang masih masuk kategori zona merah Covid-19. 

Padahal, Ipswich Town selaku klub pemilik Elkan Baggott sudah memberi jawaban kepada PSSI, bahwa pemainnya berangkat ke Dubai pada 31 Mei mendatang.

"PSSI sudah berkomunikasi dengan Elkan Baggott, dia menyatakan tidak dapat bergabung ke timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai," kata Yunus Nusi dalam rilis PSSI, Minggu (23/5/21).

"Klub (Ipswich Town) sebenarnya sudah memberikan jawaban kepada PSSI bahwa Elkan Baggott akan bergabung ke timnas Indonesia pada 31 Mei, namun yang bersangkutan tidak bisa berangkat," cetusnya.

"Menurut Elkan bahwa Dubai termasuk zona merah pandemi Covid-19. Ia pun harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris dan klubnya sudah melakukan persiapan pramusim mulai awal Juni mendatang. Hal ini sudah kami komunikasikan dengan pelatih Shin Tae-yong," tandas Yunus Nusi.

Kehadiran Elkan Baggott memang sangat dinantikan ara penggemar sepak bola Tanah Air. Pasalnya, pengalaman mentas di Eropa serta kemampuan bertahan yang diatas rata-rata, berpotensi membuat Timnas Indonesia raih poin dalam tiga partai terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022.

Andai dalam beberapa pertandingan selanjutnya Elkan Baggott tetap tak dapat memperkuat Timnas, tim pelatih bisa coba memberikan kesempatan ke beberapa pemain bertahan keturunan Indonesia yang mentas di kompetisi Eropa berikut ini.

Selain punya statistik menawan, para pemain keturunan berikut juga sempat menyatakan minat besar mereka untuk bisa berseragam Timnas Indonesia. Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum:

Matthew Steenvoorden

© Soccrates/Getty Images
Matthew Steenvoorden pemain SC Cambuur Leeuwarden. Copyright: Soccrates/Getty ImagesMatthew Steenvoorden saat berseragam SC Cambuur Leeuwarden.

Matthew Steenvoorden merupakan pemain berkebangsaan Belanda, namun ia juga memiliki darah Indonesia. Saat ini ia diketahui tengah membela HNK Gorica, salah satu anggota kasta teratas Liga Kroasia.

“Saya punya darah Indonesia yang berasal dari kakek saya. Ia lahir di Semarang (Jawa Tengah),” ujar Matthew kepada INDOSPORT pada Rabu (15/12/19).

Sepanjang musim 20/21, pemain berusia 28 tahun tersebut telah tampil sebanyak 30 laga dengan torehan satu gol dan satu assist di semua ajang buat HNK Gorica.