In-depth

Duel Antarlini Villarreal vs Manchester United di Final Liga Europa : Siapa Paling Dominan?

Rabu, 26 Mei 2021 16:12 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut duel antarlini laga final Liga Europa 2020-2021 antara Villarreal menghadapi Manchester United. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut duel antarlini laga final Liga Europa 2020-2021 antara Villarreal menghadapi Manchester United.

INDOSPORT.COM - Berikut duel antarlini laga final Liga Europa 2020-2021 antara Villarreal menghadapi Manchester United

Stadion Energa akan menjadi saksi bersejarah atas pertandingan final Liga Europa musim ini antara Villarreal vs Manchester United. Rencananya, Villarreal vs Manchester United akan dilangsungkan pada Kamis (27/05/21) dini hari WIB.

Kapal Selam Kuning melaju ke partai puncak dengan menyingkirkan Arsenal di semifinal sedangkan Setan Merah mendepak AS Roma. 

Meski berstatus sebagai kompetisi kasta kedua antarklub Eropa, laga dini hari nanti menjanjikan keseruan besar. Pasalnya, ajang ini menjadi satu-satunya gelar yang berpotensi dimenangkan kedua tim musim ini.

Kedua tim sebelumnya sudah 4 kali bertemu di level Eropa, yang selalu terjadi di ajang Liga Champions. Menariknya, keempat laga tersebut semuanya berakhir dengan skor 0-0.

Duel final Liga Europa antara Villarreal vs Manchester United juga diyakini bakal sangat menarik karena kedua tim diperkuat banyak pemain bintang. Bisa dibilang ini adalah perang bintang antara Villarreal dengan Manchester United.

Lalu, bagaimana kedua tim bakal bertarung dini hari nanti? Berikut ini kami ulas duel antarlini kedua tim. 

FORMASI

Villarreal 4-4-2
Manchester United 4-2-3-1

KIPER

Pada posisi kiper, hanya David de Gea yang bisa menurunkan kiper terbaik mereka Di kubu Villarreal, tim manajemen pelatih masih akan bergantung kepada kiper pelapis, Geronimo Rulli.

Ada yang unik di tim Villarreal, meski tampil sebagai pemain reguler di LaLiga, kiper nomor satu The Yellow Submarine, Sergio Asenjo, tidak menjadi pilihan utama di ajang Liga Europa. 

Pelatih Unai Emery lebih memercayakan kepada Gero Rulli. Gero Rulli tampil 12 kali di Liga Europa dengan mencatatkan 8 clean sheet dan hanya kebobolan 6 gol. 

Sementara di kubu Man United, pelatih Ole Gunnars Solskjaer diyakini bakal memercayakannya kepada David de Gea. Laga sepenting final membutuhkan kiper dengan jam terbang tinggi. 

Maka dari itu, De Gea dipilih ketimbang Dean Henderson meskipun secara statistik, ini bukanlah musim terbaik De Gea di Man United. 

BEK

Untuk barisan belakang kedua tim sama-sama menganut sistem empat bek sejajar. Villarreal akan mengandalkan duet Torres dan Albiol di tengah dan Pedraza (kiri) serta Gasper (kanan) di posisi fullback. 

Di Liga Europa, Villarreal telah kebobolan 11 gol dari 14 laga. Jumlah ini lebih banyak dari Man United yang kebobolan 7 gol, tetapi mereka baru main 8 kali karena sebelumnya The Red Devils merumput di Liga Champions. 

Maka bisa dibilang kualitas pertahanan kedua tim tidak berbeda jauh. Man United sendiri akan melakukan beberapa perubahan di lini belakangnya. 

Solskjaer terpaksa tidak bisa memainkan Harry Maguire yang cedera. Sebagai gantinya, Tuanzebe akan tampil diduetkan dengan Lindelof. Sedangkan posisi fullback masih diisi pemain yang sama, yakni Wan-Bissaka (kanan) dan Shaw (kiri).