Liga Indonesia

Lemah di Pertahanan, Intip 5 Bek Naturalisasi Bertubuh Tinggi Kekar yang Layak Dilirik Timnas

Selasa, 1 Juni 2021 04:24 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Melihat Lima Bek Naturalisasi Bertubuh Tinggi Kekar yang Layak Dilirik Timnas Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Melihat Lima Bek Naturalisasi Bertubuh Tinggi Kekar yang Layak Dilirik Timnas

INDOSPORT.COM – Melihat lima pemain bertahan naturalisasi yang memiliki tubuh tinggi kekar dan bisa jadi alternatif Timnas Indonesia untuk memperkuat lini belakang. Siapa sajakah mereka?

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui ada kelemahan besar di lini pertahanan. Hal itu berdasarkan evaluasi dari dua laga uji coba kontra Afghanistan dan Oman pada pekan lalu.

Dalam dua laga tersebut, Timnas mengalami kekalahan beruntun. Skuat Garuda awalnya kalah tipis 2-3 dari Afghanistan dan 1-3 dari Oman.

Dari dua laga itu, Shin Tae-yong melihat ada celah besar khususnya di sektor bek tengah karena timnya kebobolan enam gol. Dia pun berusaha memperbaiki sebelum lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Jujur, dari dua laga kemarin, ada masalah-masalah yang terjadi, khususnya untuk bek tengah. Itu yang harus dicari solusinya, itu juga kekhawatiran saya, akan kami perbaiki satu persatu nanti," jelas Shin.

Pada dua pertandingan kontra Afghanistan dan Oman kemarin, lini pertahanan Timnas Indonesia memang tak diperkuat pemain-pemain dengan postur tubuh tinggi menjulang.

Tercatat, pemain bertahan tertinggi di skuad saat pemusatan latihan kemarin adalah Arif Satria dan Ryuji Utomo. Bek milik Persebaya tersebut diketahui memiliki tinggi 183 cm, serupa dengan tinggi Ryuji Utomo.

Jika melihat dari daftar pemain berkewarganegaraan Indonesia, sejatinya skuad Garuda punya banyak stok bek berpostur kekar dan tinggi, yang mungkin bisa jadi opsi tim pelatih jelang lakoni tiga partai Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Lantas siapa sajakah pemain tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkum, lima bek naturalisasi bertubuh tinggi kekar yang layak dilirik Timnas Indonesia:

Victor Igbonefo

© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo, saat berlatih di Stadion GBLA, kota Bandung, beberapa waktu lalu. Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTBek Persib Bandung, Victor Igbonefo, saat berlatih di Stadion GBLA, kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Nama pertama adalah Victor Igbonefo, pemain dari klub Persib Bandung tersebut diketahui memiliki postur tubuh 1.83 cm dan berat 77 kg. Dengan badan kekarnya itu, Victor Igbonefo kerap jadi momok menakutkan para penyerang tim lawan.

Jika bicara soal prestasi, Victor Igbonefo bisa dibilang sebagai salah satu pemain naturalisasi yang punya asam garam mentas di liga luar. Thailand jadi kompetisi yang paling sering ia singgahi sejak 2015 hingga 2019.

Dalam empat tahun, Victor Igbonefo memperkuat tim-tim top Thailand seperti Osotspa Samut Prakan, Navy, Nakhon Ratchasima hingga PTT Rayong.

Fabiano Beltrame
Berikutnya ada Fabiano Beltrame, bek asal Brasil yang dikenal lugas dalam menghadang serangan lawan. Berpostur 184 cm, pergerakan Fabiano Beltrame saat antisipasi pergerakan musuh sangatlah gesit.

Gemilangnya permainan bertahan Fabiano Beltrame mampu membawa Persela Lamongan menjuarai Piala Gubernur Jatim tahun 2009 dan 2010, membantu Arema Cronus juara Inter Island Cup 2014/15, serta peringkat tiga Menpora Cup 2021 bersama PSS Sleman.