Bola Internasional

Profil Negara Euro 2020: Ukraina

Selasa, 1 Juni 2021 05:57 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Ukraina di Euro 2020. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Timnas Ukraina di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia Euro 2020 akan segera bergulir pada 11 Juni hingga 11 Juli 2022 mendatang. Tim-tim peserta pun menyiapkan skuad terbaik mereka termasuk Timnas Ukraina.

Timnas Ukraina berhasil lolos ke fase grup C Euro 2020. Di mana Ukraina tergabung bersama Belanda, Austria dan Makedonia Utara.

Sebelumnya Ukraina mampu tampil apik di mana tim besutan Andriy Shevchenko tersebut langsung lolos lantaran tak terkalahkan di babak kualifikasi dan menjadi pemenang di Grup B.

Tercatat Ukraina tak terkalahkan sepanjang kualifikasi di Grup B, Oleksandr Zinchenko dkk telah mencetak 17 gol serta mengantongi 20 poin dalam delapan laga yang telah dilakoninya.

Hasil ini membuat Ukraina memuncaki Grup B dan lolos ke putaran selanjutnya, unggul atas Portugal, Serbia, Luksemburg dan Lithuania.

Ukraina sendiri sempat terpuruk hingga kesulitan untuk menembus gelaran Euro sejak musim 1996 hingga 2008 silam. Namun setelah itu negara yang telah lepas dari Uni Soviet mampu bangkit.

Tercatat, pada edisi 2012, Ukraina berhasil lolos karena berstatus tuan rumah bersama Polandia, sayangnya  tak mampu membendung kekuatan tim papan atas Inggris dan Prancis.

Di edisi selanjutnya yakni 2016, mereka lolos usai menang Slovenia lewat agregat 3-1 di babak play-off. Akan tetapi langkahnya terhenti atas Polandia, Jerman dan Irlandia Utara.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%