Liga Indonesia

Tanggapan Bek Persib soal Format dan Tanggal Kick-off Liga 1 2021

Selasa, 1 Juni 2021 00:47 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib, Zalnando, buka suara soal kick-off Liga 1 2021. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib, Zalnando, buka suara soal kick-off Liga 1 2021.

INDOSPORT.COM - Pemain belakang Persib Bandung, Zalnando, memberikan tanggapan mengenai format yang akan diterapkan pada kompetisi Liga 1 2021. Rencananya, kick-off dimulai pada 10 Juli 2021 mendatang.

Zalnando mengatakan, tidak mempermasalahkan apa pun format yang ditetapkan pada kompetisi, asalkan masih sesuai dengan regulasi. Selain itu, sebagai pemain sepak bola profesional, ia akan mengikuti aturan yang diterapkan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Sebagai informasi, konsep kompetisi musim ini sudah disampaikan kepada klub dalam kongres tahunan PSSI di Jakarta, Sabtu (30/5/21). Liga 1 akan dilakukan dengan format kompetisi penuh dan sistem bubble to bubble.

Sebanyak 306 pertandingan Liga 1 2021 akan terbagi dalam enam seri, yang terpusat di Pulau Jawa. Wilayah satu terdiri dari stadion yang berada di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Wilayah dua berada di Jawa Tengah dan DIY, lalu wilayah tiga berada di Jawa Timur.

"Kalau masalah format kan mengikuti situasi sekarang, kan sekarang musim belum terjadi seperti ini, jadi hal yang wajar lah kalau formatnya diganti selagi masih sesuai regulasi," kata Zalnando setelah menjalankan program latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Senin (31/05/21).

Selain itu, Zalnando juga tidak mempermasalahkan kick-off kompetisi Liga 1 2021 yang mundur dari rencana sebelumnya 3 Juli menjadi 10 Juli 2021. Karena, yang terpenting baginya kompetisi sepak bola di Indonesia bisa berjalan kembali setelah terhenti cukup lama, karena pandemi corona.

Meski begitu, Zalnando bersama rekan-rekannya di skuat Maung Bandung tetap fokus mempersiapkan diri, agar saat kompetisi Liga 1 2021 bergulir, tim Persib bisa tampil maksimal dan meraih poin penuh pada setiap laga.

"Main tanggal 10 ya, kita sih mungkin fokus di persiapan saja sih masalah itu mau tanggal 10 atau tanggal berapa yang penting kita persiapan dan ready dulu, tanggal berapa pun ya kita siap," tegas pemain yang menggunakan nomor punggung 27 ini.