Liga Indonesia

Tak Gelar TC Jelang Liga 1, Ini Program yang Bisa Jadi Alternatif Persib

Rabu, 2 Juni 2021 18:14 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung mempersiapkan diri untuk Liga 1 2021 tanpa pemusatan latihan (TC). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung mempersiapkan diri untuk Liga 1 2021 tanpa pemusatan latihan (TC).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung saat ini sedang fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2021 yang akan bergulir pada 10 Juli 2021. Meski begitu, skuat Maung Bandung tidak memiliki agenda pemusatan latihan atau Training Center (TC).

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, membeberkan alasan timnya tidak akan menggelar pemusatan latihan pada masa persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 2021. Menurutnya, ada beberapa pertimbangan yang membuat skuat Maung Bandung kemungkinan besar akan tetap berlatih di Bandung.

"Mengenai pemusatan latihan, nampaknya sulit karena ini soal finansial dan kami tahu banyak klub tidak memiliki banyak uang untuk saat ini, tidak banyak pemasukan," kata Robert Alberts saat konferensi pers secara virtual setelah memimpin latihan, Selasa (01/06/21).

"Jadi, saya pikir kami tidak bisa melakukan pemusatan latihan, karena itu terlalu mahal untuk keuangan klub," jelas Robert Alberts menambahkan.

Robert Alberts menambahkan, pemusatan latihan tidak bisa digelar berdekatan dengan kick-off kompetisi. Lantaran, kondisi pemain pasti kelelahan dan membutuhkan waktu untuk memulihkan kebugaran, agar siap tampil pada pertandingan.

Jadi, idealnya pemusatan latihan digelar di awal-awal pramusim. Agar, pemain memiliki waktu untuk mengembalikan kebugaran setelah mendapat program latihan berat.

"Tidak (berdekatan dengan kick-off), karena pada dasarnya pemusatan latihan itu untuk membangun fisik dan mental pemain. Kami sekitar sepekan berada di hotel, berlatih dua kali sehari dan terkadang diberi materi teori juga,

"Jadi ketika kembali dari masa pemusatan latihan, pemain pasti kelelahan jadi tidak bisa langsung bermain di liga," ucapnya.