Bola Internasional

Jadi 'Joker' Timnas Inggris, Wonderkid Arsenal Pikul Beban Berat di Euro 2020

Kamis, 3 Juni 2021 14:28 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pemain muda Arsenal, Bukayo Saka, memikul beban berat setelah dirinya dipanggil Gareth Southgate melengkapi skuat 26 pemain Timnas Inggris di Euro 2020.

Gareth Southgate selaku pelatih Timnas Inggris pada hari Selasa (01/06/21) resmi mengumumkan 26 pemain yang akan memperkuat Timnas Inggris yang akan tampil di putaran final Euro 2020.

Southgate memangkas tujuh pemain langganan skuat berjuluk Three Lions tersebut. Namun secara mengejutkan memasukkan Bukayo Saka sebagai salah satu opsi pemain serba bisa.

Pemain berusia 19 tahun itu dipercaya Southgate membela Inggris setelah tampil cemerlang untuk Arsenal yang baru saja menjalani musim 2020-2021 dengan sangat mengecewakan.

Keyakinan Southgate ini bukan tanpa alasan. Saka merupakan pemain serba guna yang bisa bermain di bek kiri, gelandang tengah dan sebagai pemain sayap kanan.

Keputusan Southgate memanggil Saka ke dalam timnas besutannya mendapatkan dukungan dari Liam Brady. Brady  sangat mengenal Saka ketika sang pemain masih menimba ilmu di akademi The Gunners pada 2018 lalu.

“Sepertinya dia (Saka) merupakan salah satu keputusan terakhir yang harus dibuat Gareth Southgate, dan itu bisa menjadi keputusan yang sangat penting,” ujar Brady soal pemanggilan Saka di timnas Inggris, dilansir dari Talksport.

Brady pun meminta Saka memanfaatkan  kesempatannya itu untuk tampil cemerlang di timnas Inggris, dan yakin bahwa Saka akan langsung memberi dampak saat dimainkan di Piala Eropa alias Euro 2020 nanti .

“Saya punya firasat jika dia ingin mendapatkan kesempatan di Euro 2020 ini, dia akan memberi manajer sesuatu untuk dipikirkan,” Brady menjelaskan.

“Mungkin penampilan pertamanya sebagai pemain pengganti, tetapi dia adalah tipe anak yang bisa masuk selama 20 menit dan membuat dampak dan kemudian mungkin membuat posisinya jadi sorotan di sepanjang turnamen.”

“Itu tidak akan mengejutkan saya jika itu terjadi," tukas Brady.