Bola Internasional

Rapor Bek Berdarah Jawa Saat Jumpa Pemain Termahal Thailand di Liga Jepang

Kamis, 3 Juni 2021 17:42 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Instagram/@jleaguejp
Bintang Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin. Copyright: © Instagram/@jleaguejp
Bintang Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin.

INDOSPORT.COM – Intip statistik bek berdarah Jawa saat berjumpa pemain termahal Timnas Thailand dalam beberapa laga di kompetisi Liga Jepang. Siapa yang paling unggul?

Timnas Indonesia sendiri pada Kamis (03/06/21) malam WIB nanti, bakal melakoni laga lanjutan babak kualifikasi grup G Piala Dunia 2022 Qatar dengan menghadapi Thailand di Stadion Al Maktoum, Dubai.

Jelang laga ini, Timnas Indonesia mencoba mencari kemenangan perdana. Seperti diketahui Timnas Indonesia memang belum sekalipun meraih kemenangan di ajang ini.

Bahkan, Timnas saat ini tercecer di dasar klasemen dengan belum meraih poin satu pun. Sementara sang lawan saat ini berada di peringkat tiga dengan Raihan delapan poin.

Untuk mempersiapkan laga ini, Timnas Indonesia melakukan persiapan dengan serius. Tim besutan Shin Tae-yong ini bahkan bertolak ke Dubai lebih cepat untuk menggelar pemusatan latihan.

Tak hanya itu, Timnas Indonesia juga melakoni dua laga uji coba. Meskipun dari dua laga uji coba Timnas Indonesia menelan kekalahan, 2-3 melawan Afghanistan dan 1-3 melawan Oman.

Kondisi tak jauh berbeda sejatinya juga dirasakan Timnas Thailand. Meski sedang bertengger di peringkat 3 Grup G dan berpeluang besar lolos ke fase selanjutnya, namun anak asuh Akira Nishino tersebut belum tengah dalam bad performance lantaran tak pernah menang sepanjang tahun 2021.

Total dari tiga pertandingan kontra Oman, Tajikistan serta Uzbekistan, skuad berjuluk The War Elephants ini cuman meraih satu hasil imbang serta sisanya berakhir kekalahan.

Meski tengah terpuruk, namun Timnas Thailand saat ini diperkuat beberapa pemain bintang jebolan kompetisi Liga Eropa yang mungkin bisa jadi momok buat Timnas Indonesia.

Satu nama yang wajib ditandai adalah Chanathip Songkrasin. Pemain termahal Timnas Thailand dengan nilai 1,7 juta euro (Rp 29,55 miliar) berdasarkan laman Transfermarkt tersebut, memang sedang naik daun bahkan jadi primadona di Liga Jepang.

Memperkuat Hokkaido Consadole Sapporo di J League sejak musim 2017 silam, Chanathip Songkrasin tampil sebanyak 109 pertandingan dengan torehan 15 gol dan mencetak 17 assists di semua ajang.

Selama memperkuat Hokkaido Consadole Sapporo, sederet prestasi pun berhasil diraih Chanathip. Mulai dari runner up J.League Cup musim 2019 serta gelar individu seperti Most Valuable Player Club, Sapporo Dome Most Valuable Player hingga J.League Best XI yang semuanya diraih tahun 2018.

Akan tetapi, kegemilangan Chanathip Songkrasin di Liga Jepang sedikit tercoreng lantaran kerap ditumbangkan oleh klub yang diperkuat pemain keturunan Indonesia, Riku Matsuda.

Sebagai informasi, Riku Matsuda adalah pesepakbola yang berposisi sebagai bek kanan. Saat ini dirinya sedang membela Cerezo Osaka di kasta tertinggi Liga Jepang.

Dalam sebuah wawancaranya, pemain berusia 29 tahun itu menjelaskan jika dirinya memiliki garis keturunan Indonesia yang berasal dari sang Ayah.

Sama-sama mentas di Liga Jepang, baik Riku Matsuda dan Chanathip Songkrasin sudah beberapa kali bertemu terutama dalam pekan-pekan J League 1.

Hasilnya, pemain berdarah Jawa Indonesia tersebut berhasil memenangi lebih banyak laga saat hadapi tim Chanathip Songkrasin. Total sejak keduanya pertama kali bertemu tahun 2017 silam, sudah ada enam laga antara Cerezo Osaka vs Hokkaido Consadole Sapporo yang dimainkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%