Bola Internasional

Performa Gemilang Pemain Thitipan di Timnas Thailand, Banjir Gelar Juara!

Kamis, 3 Juni 2021 15:33 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© fathailand.org
Gelandang Timnas Thailand, Thitipan Puangchan, di Piala AFF 2018. Copyright: © fathailand.org
Gelandang Timnas Thailand, Thitipan Puangchan, di Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM – Peforma gemilang pemain Thitipan di Timnas Thailand, tak cuma sekedar lewat namun menjelma sebagai andalan bahkan sukses meraih berbagai gelar juara bersama klub. Alarm bahaya buat Timnas Indonesia?

Pada Kamis (03/06/21) malam WIB nanti, Timnas Indonesia akan melakoni laga lanjutan babak kualifikasi grup G Piala Dunia 2022 Qatar dengan menantang Thailand di Stadion Al Maktoum, Dubai.

Jelang laga ini Timnas Indonesia mencoba mencari kemenangan perdana. Seperti diketahui Timnas Indonesia memang belum sekalipun meraih kemenangan di ajang ini.

Bahkan, Timnas saat ini tercecer di dasar klasemen dengan belum meraih poin satu pun. Sementara sang lawan saat ini berada di peringkat tiga dengan Raihan delapan poin.

Untuk mempersiapkan laga ini, Timnas Indonesia melakukan persiapan dengan serius. Tim besutan Shin Tae-yong ini bahkan bertolak ke Dubai lebih cepat untuk menggelar pemusatan latihan.

Tak hanya itu, Timnas Indonesia juga melakoni dua laga uji coba. Meskipun dari dua laga uji coba Timnas Indonesia menelan kekalahan, 2-3 melawan Afghanistan dan 1-3 melawan Oman.

Shin Tae-yong selaku pelatih menilai Timnas Indonesia mengalami perubahan signifikan. Diapun sudah menilai melakukan evaluasi.

“Jujur, dari dua laga kemarin, ada timbul masalah-masalah yang terjadi, khususnya untuk bek tengah, itu yang harus dicari solusinya, itu juga kekhawatiran saya, akan kita perbaiki satu persatu nanti,” ujar Shin dilansir dari laman resmi PSSI.

Melihat dari daftar pemain yang dibawa pelatih Thailand untuk hadapi Timnas Indonesia malam nanti, terdapat beberapa bintang berbahaya dan jebolan kompetisi Eropa yang layak diwaspadai punggawa Garuda.

Salah satu nama yang wajib diperhatikan adalah Thitipan Puangchan. Gelandang berusia 27 tahun tersebut merupakan jendral lapangan tengah yang kerap jadi inisiator serangan Timnas Thailand.

Meski bernama Thitipan, namun kualitas eks Muangthong United ini sangat bisa diadu. Terbukti, sejak pertama kali debut di skuad Gajah Putih pada 15 Juni 2013 silam, Thitipan telah mencatatkan 30 pertandingan dengan torehan enam gol di semua kompetisi.

Untuk soal gelar juara, Thitipan Puangchan punya sederet prestasi mulai dari AFF U-19 Youth Championship tahun 2011, dua kali medali emas Sea Games tahun 2013 dan 2015 serta membantu Timnas Thailand senior menjuarai King's Cup 2017.

Sementara di level klub, Thitipan sukses membantu dua tim berbeda Muangthong United dan BG Pathum United menjuarai Thai League 1 atau kasta teratas Liga Thailand. Selain itu, saat memperkuat Chiangrai United dirinya juga sempat menjuarai Thai FA Cup 2017.