Bola Internasional

3 Calon Pengganti Trent Alexander-Arnold di Euro 2020

Sabtu, 5 Juni 2021 11:33 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Justin Tallis - Pool/Getty Images
Kehilangan Trent Alexander-Arnold di Euro 2020 cukup merugikan bagi Inggris, tetapi Gaerth Southgate masih memiliki nama-nama pengganti yang tak kalah hebat. Copyright: © Justin Tallis - Pool/Getty Images
Kehilangan Trent Alexander-Arnold di Euro 2020 cukup merugikan bagi Inggris, tetapi Gaerth Southgate masih memiliki nama-nama pengganti yang tak kalah hebat.

INDOSPORT.COM - Kehilangan Trent Alexander-Arnold di Euro 2020 cukup merugikan bagi Timnas Inggris, tetapi Gareth Southgate masih memiliki nama-nama pengganti yang tak kalah hebat.

Trent Alexander-Arnold resmi bakal absen dari ajang Euro 2020 setelah sebelumnya mengalami cedera dalam laga uji coba kemenangan Timnas Inggris 1-0 atas Austria, Kamis (03/06/21) kemarin yang berlangsung di Wembley.

Kabar tersebut diumumkan langsung oleh skuat berjuluk The Three Lions di laman resminya, dengan menyatakan bahwa bintang Liverpool itu harus ditarik mundur karena mengalami cedera paha.

"Trent Alexander-Arnold dipastikan tak bisa tampil di Euro 2020. Pemain Liverpool itu mengalami cedera paha di tahap penutupan kemenangan 1-0 melawan Austria."

Hasil pemeriksaan pada hari Jumat (04/06/21) dini hari WIB mengkonfirmasi bahwa pemain berusia 22 tahun tersebut tak bisa bermain di kompetisi yang akan datang, sehingga dia ditarik dari skuat Inggris untuk kembali ke klubnya guna melakukan rehabilitasi,” tulis pernyataan tersebut.

Cedera yang dialami oleh Alexander-Arnold tentu amat disayangkan mengingat insiden itu terjadi 11 hari sebelum penampilan perdana Timnas Inggris di kompetisi sepak bola bergengsi tersebut.

Padahal Trent Alexander-Arnold telah berjuang keras agar namanya bisa tampil di gelaran Euro 2020, karena sempat dikabarkan bakal menjadi salah satu dari tujuh pemain yang dicoret oleh Gareth Southgate selaku sang pelatih.

Kehilangan Trent Alexander-Arnold tentu sangat merugikan bagi Inggris. Namun, Gaerth Southgate masih memiliki nama-nama pengganti yang tak kalah hebat. Siapa saja mereka?

1. James Ward-Prowse

James Ward-Prowse, pemain Southampton. Copyright: Instagram@prowsey.fansJames Ward-Prowse, pemain Southampton.

James Ward-Prowse bukanlah nama asing di Timnas Inggris. Ia sudah menjadi tumpuan Timnas Inggris U-21 dengan catatan 31 caps. 

Tak cuma itu, Ward-Prowse juga pernah tujuh kali memperkuat Timnas Inggris senior. Namun, pemain Southampton ini tersingkir dari skuad The Three Lions yang akan dibawa ke Euro 2020. 

Akan tetapi, cederanya Trent Alexander-Arnold menciptakan celah yang bisa dimanfaatkan oleh dirinya. Meski memiliki posisi utama sebagai gelandang tengah, namun pemain berumur 26 tahun ini juga bisa memerankan posisi flank kanan. 

Ia bisa dimainkan sebagai gelandang kanan yang beroperasi membantu serangan dan pertahanan. Posisi ini kurang lebih sama seperti yang diperankan oleh Trent Alexandre-Arnold di Timnas Inggris

Sebagai bukti kehebatannya, pada musim lalu James ward-Prowse tercatat menciptakan 8 gol dan 7 assist dari 38 penampilan di Liga Inggris. Sayangnya, karena memperkuat tim papan tengah, pesona Ward-Prowset cenderung tenggelam dibanding pemain yang ada di tim Inggris saat ini.