Bola Internasional

Geliat Sepak Bola Filipina demi Tembus Piala Dunia, Siap Naturalisasi Bintang Bundesliga!

Sabtu, 5 Juni 2021 16:08 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© philnews.ph
Geliat Sepak Bola Filipina demi Tembus Piala Dunia, Siap Naturalisasi Bintang Bundesliga! Copyright: © philnews.ph
Geliat Sepak Bola Filipina demi Tembus Piala Dunia, Siap Naturalisasi Bintang Bundesliga!

INDOSPORT.COM – Melihat geliat sepak bola Filipina yang berhasrat tampil di gelaran Piala Dunia, teranyar skuad The Azkals dikabarkan bakal menaturalisasi salah satu bintang Bundesliga Jerman. Siapakah dia?

Sejak tahun 2010 silam, federasi sepak bola Filipina (PFF) memang sangat gencar melakukan pembaruan di tubuh Tim Nasional mereka. Salah satu langkah paling jelas untuk memajukan level sepak bola mereka adalah, menggunakan banyak pemain keturunan untuk berlaga di sejumlah event internasional.

Hasilnya pun terbilang cukup maksimal. Puncaknya pada gelaran Piala AFF 2010, Timnas Filipina yang berisikan para pemain naturalisasi berhasil menembus partai semifinal pertama mereka dalam sejarah.

Meski dikalahkan Indonesia di fase semifinal, namun perjuangan Filipina yang berhasil menahan skuad Garuda untuk tak mencetak gol lebih dari satu merupakan pencapaian luar biasa.

Pasalnya di pertemuan terakhir pada 23 Desember 2002 silam, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor mencolok hingga 13-1 di ajang AFF.

Bahkan jika dilihat lebih jauh, dalam 8 pertandingan sebelum laga semifinal AFF 2010, Timnas Indonesia selalu berhasil cetak lebih dari satu gol saat menghadapi Filipina.

Itulah mengapa, pencapaian Filipina melenggang ke semifinal dan menahan gempuran Timnas Indonesia untuk tidak kebobolan lebih dari satu gol di Piala AFF 2010 kemarin merupakan pencapaian besar.

Kembali ke soal naturalisasi. Total hingga saat ini, Timnas Filipina sudah sangat banyak diperkuat pemain dwi kewarganegaraan, sebuat saja para kiper utama mereka yakni Bernd Schipmann, Kevin Ray Mendoza dan Quincy Kammeraad plus Neil Etheridge yang alami cedera sehingga tak dipanggil pelatih.

Belum lagi pemain-pemain di tiap lini seperti Michael Kempter (bek), Stephan Schröck (gelandang) hingga Ángel Guirado (striker). Jika dilihat, setidaknya Filipina ada dua pemain dwi kewarganegaraan di masing-masing sektor dalam daftar skuad yang dipanggil untuk babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski sudah banyak diperkuat pemain keturunan, namun federasi sepak bola Filipina tampaknya tak mau berhenti sampai disitu. Mereka benar-benar serius untuk mengejar mimpi tampil di Piala Dunia.

Terbukti, ada beberapa nama pemain keturunan yang rencananya bakal mereka naturalisasi dan diharapkan bisa memperkuat Timnas Filipina di sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti.

Saat ini, Timnas Filipina memang masih berpeluang besar lolos ke fase berikutnya di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Tergabung di Grup A bersama Syria, China, Maladewa dan Guam, skuad arahan Scott Cooper itu masih bertengger di peringkat ketiga dengan perolehan tujuh poin.

Dengan menyisakan tiga pertandingan sisa, Filipina masih bisa lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan status runner up.

Untuk mencapai target tersebut, federasi sepak bola Filipina kabarnya sudah menyelesaikan proses naturalisasi salah satu pemain bintang Eropa yang musim ini sedang naik daun.

Adalah Gerrit Holtmann, winger berusia 26 tahun milik klub VfL Bochum (Jerman) tersebut beberapa waktu lalu sedang terlihat di Kedutaan Besar Filipina di Berlin. Dikabarkan, sang pemain sedang mengurusi visa untuk berangkat ke Filipina dan memperkuat skuad The Azkals.

Manager tim Timnas Filipina, Dan Palami ikut membenarkan kabar Gerrit Holtmann yang mengunjungi kedutaan besar Filipina beberapa waktu lalu. Namun, dirinya tak menjelaskan maksud sang pemain berada disana.