Bola Internasional

Demi Lolos ke Piala Dunia 2022, Malaysia Panggil Bek yang Main di Liga Champions

Rabu, 2 Juni 2021 05:39 WIB
Editor: Isman Fadil
© Vincent Van Doornick/Isosport/Getty Images
Pemain Belgia keturunan Malaysia saat membela Club Brugge Dion Johan Cools. Copyright: © Vincent Van Doornick/Isosport/Getty Images
Pemain Belgia keturunan Malaysia saat membela Club Brugge Dion Johan Cools.

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Malaysia (FAM) baru saja mengumumkan kedatangan bek keturunan Belgia yang pernah main di Liga Champions, Dion Johan Cools, untuk berlaga bersama Timnas Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dion Cools sudah hadir di hotel tim Malaysia sejak, Selasa (01/06/21). Dia langsung bertemu Presiden FAM, Datuk Haji Hamidin.

"'Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM), hari ini secara resmi telah memperkenalkan pemain berdarah Malaysia-Belgia, Dion Cools, sebagai pemain ke-26 di skuad 'Harimau Malaya' untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023 di Dubai, UAE, 3 hingga 15 Juni 2021,'' tulis FAM dalam pernyataannya.

Sekretaris Jenderal FAM, Stuart Ramalingam, mengatakan  bahwa setelah Cools setuju untuk bermain untuk Timnas Malaysia, FAM mengirim surat kepada Federasi Sepak Bola Belgia (RBFA). Nantinya RBFA mengirimkan informasi terkait Cools ke FAM untuk diserahkan ke FIFA.

FAM langsung mendaftarkan nama Dion Cools dalam daftar awal pemain kualifikasi Piala Dunia 2022. Setelah mendapat persetujuan dari FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), FAM resmi mengumumkan Cools sebagai pesepakbola Malaysia.

Dion Cools memang lahir di Malaysia tepatnya di Kota Kuching pada 4  Juni 1996. Bek berusia 24 tahun ini memiliki darah Melayu dari ibunya yang memang warga negara Malaysia.