In-depth

Tua-tua Keladi, 5 Bomber Veteran Terbaik di Euro 2020

Sabtu, 5 Juni 2021 10:50 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© VALERY HACHE/AFP via Getty Images
Tercatat, setidaknya ada tujuh bomber veteran terbaik yang siap beraksi di ajang Piala Eropa 2020. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. Copyright: © VALERY HACHE/AFP via Getty Images
Tercatat, setidaknya ada tujuh bomber veteran terbaik yang siap beraksi di ajang Piala Eropa 2020. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

INDOSPORT.COM - Dalam waktu kurang dari dua minggu, pesta sepak bola terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir. Kompetisi empat tahunan di benua biru ini akan kick off pada 11 Juni 2

Partai pembuka akan dimainkan tanggal 11 Juni waktu setempat atau tanggal 12 waktu Indonesia. Fase penyisihan akan berakhir pada 24 Juni dengan memainkan 36 pertandingan dari 24 tim. 

Turnamen Euro menjadi pertarungan akbar para bomber-bomber terbaik Eropa. Deretan penyerang top akan saling bersaing dan unjuk gigi. 

Hebatnya, Euro 2020 menjadi tempat yang ramah bagi para striker berusia uzur. Bomber-bomber veteran ini bahkan berpeluang besar menjadi bintang utama di turnamen ini. 

Tercatat, setidaknya ada lima bomber veteran terbaik yang siap beraksi di ajang Piala Eropa 2020. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Robert Lewandowski

© Twitter @FCBayernEN
Selebrasi gol Robert Lewandowski di laga Bayern Munchen vs Borussia Monchengladbach Copyright: Twitter @FCBayernENSelebrasi gol Robert Lewandowski di laga Bayern Munchen vs Borussia Monchengladbach

Robert Lewandowski menjadi salah satu contoh terbaik bahwa usia uzur bukanlah sebuah masalah pada pemain sepak bola. Sudah berusia 32 tahun, Lewandowski belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa. 

Pada musim 2020-2021 lalu, ia berhasil mencetak 48 gol bagi klubnya, Bayern Munchen, di semua kompetisi. Bahkan, ia mencatatkan rekor dengan 41 gol di Bundesliga. 

Robert Lewandowski adalah top skorer seantero Eropa di kompetisi klub sepak bola Eropa musim lalu. Maka sangat wajar jika ia digadang-gadang bakal mencetak cukup banyak gol di Euro 2020. 

Hanya saja seberapa banyak gol yang dicetak Lewandowski akan bergantung dari perjalanan negaranya, Polandia, di kompetisi ini. Bisa saja tim Polandia harus gagal lolos dari fase grup. 

2. Ciro Immobile

© Jonathan Moscrop/Getty Images
Selebrasi gol Ciro Immobile di laga Italia vs Ceko. Copyright: Jonathan Moscrop/Getty ImagesSelebrasi gol Ciro Immobile di laga Italia vs Ceko.

Ciro Immobile mencuri perhatian penikmat sepak bola dunia setelah musim 2019/2021 mengakhiri kompetisi sebagai top skor Liga Italia dengan 36 gol. Ia mencatatkan diri sebagai top skor tersubur di Serie A menyisihkan nama-nama seperti Cristiano Ronaldo. 

Capaian itu diraih ketika Immobile sudah berusia 30 tahun. Semakin tua, Immobile seakan semakin menjadi. 

Musim lalu saja ia masih bisa menyarangkan 25 gol di seluruh kompetisi. Catatan itu akan jadi modal utama Immobile untuk mengarungi Euro 2020 bersama Timnas Italia. 

3. Karim Benzema

© VALERY HACHE/AFP via Getty Images
Karim Benzema, pemain Timnas Prancis. Copyright: VALERY HACHE/AFP via Getty ImagesKarim Benzema, pemain Timnas Prancis.

Kembalinya Karim Benzema ke Timnas Prancis memberikan warna tersendiri di Euro 2020. Pelatih Prancis, Didier Deschamps, akhirnya luluh dan memanggil Benzema ke skuad Ayam Jantan untuk mengarungi Euro 2020. 

Karim Benzema menjadi pesakitan setelah dilarang membela Timnas Prancis karena terlibat kasus hukum. Padahal, Benzema saat ini masih menjadi striker terbaik di Prancis. 

Benzema pun tidak akan menyia-nyiakan kesempatan itu. Pemilik 27 gol di Timnas Prancis ini pasti akan membuktikan kualitasnya di usia yang sudah 33 tahun. 

Terbukti musim lalu ia sanggup mencetak 30 gol untuk Real Madrid. Meski sudah uzur, Benzema adalah pilihan terbaik di barisan depan Les Blues.