Bola Internasional

Eks Wasit Terbaik Vietnam Akui Gol Pertama ke Gawang Timnas Indonesia Tidak Sah

Selasa, 8 Juni 2021 16:04 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© PSSI
Eks Wasit Terbaik Vietnam Akui Gol Pertama ke Gawang Timnas Indonesia Tidak Sah. Copyright: © PSSI
Eks Wasit Terbaik Vietnam Akui Gol Pertama ke Gawang Timnas Indonesia Tidak Sah.

INDOSPORT.COM - Mantan wasit terbaik Vietnam bernama Duong Manh Hung membongkar kejanggalan dalam proses gol pertama pasukan Park Hang-seo ke gawang timnas Indonesia.

Seperti diketahui, timnas Indonesia baru saja dihajar Vietnam dengan skor telak 0-4 dalam pertandingan lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Senin (7/6/2021) malam WIB.

Sempat imbang 0-0 pada babak pertama, akhirnya gawang timnas Indonesia harus kebobolan pada menit ke-51 oleh gol dari Nguyen Tien Linh.

Akan tetapi, gol itu dianggap kontoversial karena bola sempat mengenai tangan dari striker Vietnam tersebut. Duong Manh Hung yang pernah meraih penghargaan peluit emas atau wasit terbaik Vietnam 2006 mengakui kalau seharusnya gol itu tidak sah.

"Saya menganalisanya begini. Ketika Linh menendang, sepakan pertama mengenai pemain lawan, kemudian bola memantul dan mengenai tangannya. Itu bisa dilihat semua orang," ujar Duong Manh Hung dilansir dari thethao247.

"Setelah bola tersentuh tangannya, Linh mencetak gol untuk Vietnam. Dalam situasi ini, wasit harusnya meniup peluit. Pasalnya, ketika bola memantul, Linh mengayunkan tangannya sepenuhnya, dia menyentuhnya terlalu jelas, kita harus mengakui itu,"

"Meskipun tidak disengaja, bola mengenai tangannya di ayunan tangannya dan tepat setelah itu dia mencetak gol. Dengan demikian, wasit terpaksa melakukan kesalahan,"

"Jika ada VAR, itu akan berbeda. Wasit dalam situasi ini tidak menanganinya untuk mengamati tepat waktu, jadi dia melakukan kesalahan," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, kekalahan telak 0-4 dari Vietnam membuat timnas Indonesia semakin merana di dasar klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasukan Shin Tae-yong hanya mengoleksi satu poin dari hasil imbang 2-2 dengan Thailand.