Bola Internasional

Shin Tae-yong Klaim Indonesia Harusnya Dapat Penalti Kontra Vietnam

Selasa, 8 Juni 2021 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Senin (07/06/21). Copyright: © PSSI
Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam, Senin (07/06/21).

INDOSPORT.COM - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengklaim seharusnya mereka mendapat penalti saat kalah 0-4 dari Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Senin (7/6/21). Dia kecewa dengan kepemimpinan wasit Ahmad Alali. 

Setelah kebobolan tiga gol di babak kedua, Shin Tae-yong mengatakan wasit melewatkan momen penting di lapangan yang seharusnya menguntungkan Indonesia. Namun, hal itu tak terjadi sehingga membuat tim Indonesia semakin frustasi dan Vietnam makin leluasa menguasai pertandingan.

"Setelah kemasukan tiga gol pun sebenarnya kami harusnya mendapatkan penalti, tapi karena tidak dapat, alur laga makin dikuasai lawan. Jadi kami tidak bisa mengembangkan permainan, akhirnya mengalami kekalahan," tutur Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia sebenarnya mampu menahan imbang Vietnam tanpa gol di babak pertama. Namun, gol kontroversi pada menit ke-51 meruntuhkan mental para pemain skuat Garuda sehingga mulai kehilangan fokus dan kebobolan tiga gol tambahan.

Shin Tae-yong secara terbuka juga mengakui gol pertama Vietnam mengubah jalannya laga. Pelatih asal Korea Selatan itu mengecam kepemimpinan wasit Ahmad Alali dari Kuwait yang merugikan Indonesia.

"Jadi yang terjadi di babak kedua, kemasukan gol pertama itu memang dari wasit, dan hakim garis memang salah mengambil keputusan. Itu pasti kena tangan pemain Vietnam, karenanya jalannya pertandingan otomatis jadi susah bagi kami,” jelas Shin Tae-yong.