Bola Internasional

Ali Mabkhout, Top Skor UEA dan Mimpi Buruk Gawang Timnas Indonesia Dibobol Hingga 3 Gol

Kamis, 10 Juni 2021 16:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© thenational.ae
Ali Mabkhout, Top Skor UEA dan Mimpi Buruk Skuad Garuda Dibobol 3 Gol Copyright: © thenational.ae
Ali Mabkhout, Top Skor UEA dan Mimpi Buruk Skuad Garuda Dibobol 3 Gol

INDOSPORT.COM – Mengenal profil dan statistik Ali Mabkhout, sang top skor sepanjang masa Uni Emirate Arab (UEA) dan pernah jadi mimpi buruk gawang Timnas Indonesia dengan bobol tiga gol.

Pada Jumat (11/6/21) malam WIB, Timnas Indonesia akan bersua Uni Emirat Arab dalam laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona AFC di Stadion Zabeel, Dubai.

Laga ini menjadi harapan terakhir skuat Merah Putih untuk mendulang poin penuh, sekaligus mempertaruhkan nama baik Shin Tae-yong sebagai pelatih kelas dunia.

Sebelumnya, timnas Indonesia tampil di luar harapan dalam tujuh laga kualifikasi Piala Dunia. Secara keseluruhan, skuat Garuda hanya mampu meraih satu poin saja dari hasil imbang 2-2 melawan Thailand.

Bahkan, timnas Indonesia juga takluk dari Oman, yang secara kualitas bisa disandingkan dengan Uni Emirat Arab, di laga uji coba. Maka, laga Jumat nanti tentu akan terasa sangat berat.

Apalagi, UEA harus meraih satu poin lagi jika ingin lolos ke babak berikutnya. Alhasil, pasukan Shin Tae-yong harus ekstra waspada jika tak ingin menjadi lumbung gol buat lawan.

Masih teringat bagaimana timnas Indonesia menjadi bulan-bulanan dan digasak 0-5 oleh Uni Emirat Arab di pertemuan pertama. Apalagi, kiper Nadeo Argawinata baru-baru ini juga kebobolan empat gol saat meladeni Vietnam.

Meski berat, timnas Indonesia masih punya peluang untuk menang atas Uni Emirat Arab, jika menurunkan skuat terbaik serta menampilkan performa maksimal.

Melihat dari skuad yang dibawa UEA nanti, Timnas Indonesia memang terlihat punya peluang curi angka, lantaran anak asuh Shin Tae-yong tersebut punya pemain dengan postur tubuh tinggi.

Diketahui, bahwa di skuad Timnas Indonesia terdapat tujuh pemain yang memiliki tinggi hingga 180 cm ke atas. Ini bisa jadi indikasi, bahwa Timnas Indonesia mampu bersaing saat duel bola-bola atas.

Akan tetapi, UEA bukan hanya tim yang mengandalkan serangan atas. Sejak ditangani pelatih Bert van Marwijk, kekuatan UEA mulai merata bahkan saat open play pun The Al Abyad bisa ciptakan peluang berbahaya.

Berkaca dari performa UEA sejauh ini, salah satu pemain yang wajib diwaspadai lini pertahanan Indonesia adalah Ali Mabkhout. Penyerang senior Timur Tengah yang kini bertengger di daftar teratas top skor sepanjang masa UEA.

Total sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini, Ali Mabkhout berhasil menjaringkan 7 gol dan membuat namanya bertengger di peringkat tiga daftar top skor, dibawah Takumi Minamino (Jepang/9) serta Yuya Osako (Jepang/8).

Mengutip dari berbagai sumber, kiprah Ali Mabkhout memang sempat jadi perbincangan berbagai media sejak tahun 2017 silam. Tepatnya saat pemain berusia 30 tahun ini memperkuat Al Jazira berhadapan dengan Real Madrid di Piala Dunia Antarklub FIFA pada tahun 2017.

Meski gagal membawa timnya menang (2-1), namun sosok Ali Mabkhout berhasil membuat pelatih Real Madrid saat itu, Zinedine Zidane kagum dan berikan pujian tinggi.

“Mereka memiliki dua pemain berkualitas, Mabkhout dan Romarinho, yang memberikan ujian berat bagi pertahanan kami,” ucap Zidane saat itu.