In-depth

Bedah Kekuatan Grup F Euro 2020: Saling Sikut Ronaldo dan Mbappe!

Jumat, 11 Juni 2021 20:23 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Craig Mercer/MB Media/Getty Images
Bedah Kekuatan Grup F Euro 2020: Saling Sikut Ronaldo dan Mbappe Copyright: © Craig Mercer/MB Media/Getty Images
Bedah Kekuatan Grup F Euro 2020: Saling Sikut Ronaldo dan Mbappe

INDOSPORT.COM – Melihat peta kekuatan serta peluang lolos para peserta Euro 2020 di Grup F, pot neraka yang berisi tim unggulan termasuk didalamnya ada Cristiano Ronaldo serta Kylian Mbappe.

Dalam hitungan jam, pesta sepak bola terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir. Kompetisi empat tahunan di benua biru ini akan kick off pada 11 Juni 2021 hingga penutupan pada 12 Juli 2021. 

Partai pembuka akan dimainkan tanggal 11 Juni waktu setempat atau tanggal 12 waktu Indonesia. Fase penyisihan akan berakhir pada 24 Juni dengan memainkan 36 pertandingan dari 24 tim.

Sama seperti edisi sebelumnya, bedah kekuatan peserta Euro 2020 kali ini akan membahas tentang grup terakhir alias Grup F yang berisikan Hungaria, Portugal, Prancis serta Jerman.

Menarik memang jika melihat dari komposisi para tim pesertanya, hampir rata-rata negara di grup ini pernah catatkan prestasi gemilang di ajang Euro.

Mulai dari tim paling ‘lemah’, ada Hungaria yang dulu sempat raih peringkat ketiga di gelaran Euro 1964. Sementara Portugal, Prancis dan Jerman, semuanya pernah angkat trofi empat tahun ini.

Bahkan, Portugal saat ini sedang menyandang status juara bertahan lantaran di Euro 2016 silam berhasil keluar sebagai juara usai mengalahkan Prancis di partai final.

Sementara sang runner up tahun lalu, Prancis, tak kalah mentereng dengan berstatus juara dunia usai jadi kampiun FIFA World Cup 2018.

Jerman pun tak bisa dianggap enteng. Walau datang dengan mayoritas pemain regenerasi, namun Jerman tetap harus diwaspadai lantaran mereka merupakan tim pengoleksi gelar juara Euro terbanyak di Grup F.

Jangan lupa pula, bahwa Die Mannschaft adalah tim spesialis turnamen yang bisa meledak saat gelaran resmi, meski sepanjang persiapan menuju Euro 2020 ini mereka punya rekor tak terlalu impresif.

Jika melihat statistik, semua tim peserta di grup ini terbilang sedang on fire. Hungaria misalnya, walau berstatus tim terlemah, mereka mampu menyapu bersih lima pertandingan di sepanjang 2021 dengan tak terkalahkan.

Hasil tersebut sedikit lebih baik ketimbang Jerman, di mana mereka sempat kalah tipis dari tim semenjana Makedonia Utara (1-2) di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Meski begitu, Jerman tetap tak boleh dipandang sebelah mata sebagai pesaing juara grup. Ingat, mereka adalah tim dengan trofi Euro terbanyak di Grup F, sehingga sudah pasti pengalaman mereka akan bisa berikan perbedaan di partai resmi.

Sementara Portugal dan Prancis, punya statistik yang tak beda jauh. Mereka sama-sama belum terkalahkan di lima pertandingan terakhir, bahkan mampu cetak gol hingga 10 ke gawang lawan.

Teranyar, Portugal sukses tumbangkan Israel dengan skor 4-0 di partai persahabatan, sedangkan Prancis menang tiga gol tanpa balas saat menghadapi Bulgaria.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%