Liga Spanyol

Kontradiksi Lagi, Xavi Nafsu Gantikan Ronald Koeman di Barcelona

Jumat, 11 Juni 2021 13:47 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berulangkali menolak, Xavi kini jilat ludah sendiri usai isyaratkan penuhi panggilan Joan Laporta sebagai pelatih baru klub LaLiga Spanyol, Barcelona. Adapun ia bakal tendang Ronald Koeman dan latih Lionel Messi dkk.

Fenomena buruk menimpa kubu merah biru ketika kehilangan tajinya, baik di pentas domestik sekaligus Eropa. Bak sudah jatuh tertimpa tangga, tim bermarkas di Camp Nou ini juga menderita kerugian ekonomi hingga berhutang 1,2 miliar euro (Rp21 triliun).

Seketika dilatih oleh Koeman, performa El Barca justru kembali kurang impresif. Boleh saja mereka menangi Copa del Rey, tapi gara-gara tampil tak konsisten di lima pertandingan terakhir, kesempatan juara LaLiga Spanyol malah pupus musim ini.

Gara-gara ini pula Laporta sempat mewacanakan penggantian pelatihnya dan sempat menawari Xavi yang gemilang bareng Al Sadd. Setelah dua kali berikan penolakan, akhirnya raksasa LaLiga Spanyol itu memilih pertahankan si juru taktik.

Berdalih tak siap tukangi Barcelona, playmaker legendaris Timnas Spanyol ini malah berkata sebaliknya usai ditetapkannya Koeman. Ia berkata: "Saya merasa siap untuk melatih di sana, saya tahu kondisinya... tapi masih ada Koeman," dilansir Barca Universal.

"Saya selalu ada di pangsa pasar! Tapi selama tiga, empat bulan terakhir saya tak ada kontak dengan Joan Laporta atau bagian dari direksi. Mereka pada akhirnya memutuskan untuk bertahan dengan Koeman dan semoga klub selalu beruntung," tutupnya.

Keputusan bertahan yang diambil oleh Barcelona sendiri tak lepas dari fakta sulitnya mencari pelatih baru. Selain itu, tim yang diperkuat Lionel Messi ini juga tak mampu membayar kompensasi mantan pelaih Timnas Belanda tersebut.