Bola Internasional

Prediksi Grup C Euro 2020 Belanda vs Ukraina: Tugas Berat Eks AC Milan

Sabtu, 12 Juni 2021 15:15 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Prediksi pertandingan Grup C Euro 2020 antara Belanda vs Ukraina, Senin (14/06/21) dini hari WIB. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Prediksi pertandingan Grup C Euro 2020 antara Belanda vs Ukraina, Senin (14/06/21) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Berikut prediksi pertandingan Grup C Euro 2020 antara Belanda vs Ukraina, yang akan berlangsung di Amsterdam ArenA, Senin (14/6/21) dini hari WIB.

Bentrokan ini akan menjadi tugas dan tantangan berat eks AC Milan, Andriy Shevchenko, yang saat ini menangani Timnas Ukraina. Tentu saja, Belanda dikenal bukanlah lawan yang mudah di lapangan hijau.

Sejak naik jabatan dari asisten pelatih pada 2016, Sheva, sapaan akrabnya, belum pernah sekali pun menyumbang gelar bergengsi untuk negaranya sebagai pelatih.

Pencapaian terbaiknya adalah membawa Timnas Ukraina lolos kualifikasi Euro 2020. Jadi, inilah saatnya bagi Shevchenko untuk membuktikan diri, dimulai dari laga besar melawan tim asuhan Frank de Boer, Belanda.

Pertandingan Grup C Belanda vs Ukraina sendiri diprediksi akan berjalan menarik, meski secara statistik kubu The Flying Dutchmen bisa dibilang jauh lebih unggul.

Dari catatan pertemuan, mereka baru bersua dua kali sepanjang sejarah, yakni pada 2008 dan 2010. Hasilnya? Belanda memimpin rekor dengan satu kemenangan, sedangkan satu laga sisanya berakhir imbang.

Tentu zaman terus berkembang, begitu pula dengan tim sepak bola. Baik Belanda maupun Ukraina kini pada tahun 2021, sudah banyak mengalami perubahan, yang pastinya layak dinanti di ajang Euro 2020.

Hanya saja, Timnas Belanda baru saja didera musibah yakni kehilangan Donny van de Beek yang terpaksa dicoret dari skuat karena cedera. Di sisi lain, mereka juga belum bisa menggunakan jasa Virgil van Dijk.

Frank de Boer pun mengaku tidak memanggil pengganti untuk mengisi kekosongan slot yang ditinggal Van de Beek. Ia akan tetap menggunakan 25 pemain yang sudah menjalani sesi latihan bersama selama dua pekan.

Sementara itu, nasib Timnas Ukraina sedikit lebih baik. Namun salah satu masalah yang mungkin harus dipikirkan masak-masak oleh Andriy Shevchenko adalah penggunaan formasi pada tim asuhannya.

Ia dihadapkan pada tantangan untuk menggunakan 4-3-3 atau memilih menggunakan tiga bek untuk menjaga lini belakang, seperti yang ia lakukan saat melakoni sejumlah laga kualifikasi Piala Dunia pada bulan Maret lalu.

Bicara soal penampilan, kedua tim yang akan bertanding diketahui sama-sama meraih hasil cukup lumayan setidaknya di tiga laga terakhir mereka sebelum bersua di Euro 2020. Belanda mengalahkan Georgia 3-0, bermain imbang lawan Skotlandia 2-2, dan membabat Gibraltar 7-0.

Di sisi lain, Ukraina juga baru menang besar atas Siprus dengan skor 4-0. Lalu sama seperti sang calon lawan, mereka pun meraih satu hasil imbang (lawan Bahrain 1-1) dan satu kemenangan (lawan Irlandia Utara 1-0).

Belanda vs Ukraina merupakan laga kedua di fase penyisihan Grup C Euro 2020. Di partai lain, Austria akan menghadapi Makadonia Utara terlebih dahulu pada hari Minggu (13/6/21) malam WIB.

Siapakah lebih unggul?