Bola Internasional

Man of the Match Euro 2020: Kalvin Phillips, Jelmaan Pirlo di Lini Tengah Inggris

Senin, 14 Juni 2021 17:20 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Justin Tallis - Pool/Getty Images/
Pemain Timnas Inggris, Kalvin Phillips saat tampil di Euro 2020 Copyright: © Justin Tallis - Pool/Getty Images/
Pemain Timnas Inggris, Kalvin Phillips saat tampil di Euro 2020

INDOSPORT.COM – Mengenal salah satu pemain yang jadi bintang (Man of the Match/MOTM) di pertandingan babak penyisihan grup Euro 2020, kali ini ada Kalvin Phillips sang jelmaan Pirlo di lini tengah Timnas Inggris.

Pada pertandingan pembuka Euro 2020, Timnas Inggris sendiri berhasil tampil gemilang saat menghadapI Kroasia di Stadion Wembley, hari Minggu (13/06/21) lalu.

Di laga tersebut, Timnas Inggris sukses meraih angka penuh dengan menumbangkan The Kockasti lewat skor tipis 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta di laga grup D Euro 2020, dilesakkan oleh Raheem Sterling pada menit ke-57’.

Meski hanya menang dengan skor tipis, namun hasil ini cukup untuk membawa tim asuhan Gareth Southgate memimpin klasemen sementara grup D. 

Selain itu, menurut data dari Optajoe di akun Twitter, Harry Kane dkk berhasil mengakhiri kutukan sebagai tim yang selalu gagal memenangkan laga pembuka turnamen Eropa.

Seperti diketahui, Timnas Inggris memang belum pernah memenangkan satu pun laga pembuka di turnamen Kejuaraan Eropa. Dari sembilan kesempatan, Inggris hanya imbang lima kali dan empat sisanya kalah.

Atas hasil ini pula, Inggris mampu memperpanjang rekor tak pernah kalah di Stadion Wembley dalam turnamen besar, dengan kini telah menang 8 kali, seri 4 kali dari 12 laga.

Menariknya, kemenangan ini juga mengakhiri tren Luka Modric yang tak terkalahkan dalam lima pembuka Euro mereka. Kroasia telah menang empat kali dan imbang sekali.

Dibalik kemenangan Timnas Inggris kemarin, ada sosok Kalvin Phillips yang dianggap mampu tampil gemilang bahkan sukses jadi motor serangan The Three Lions.

© Laurence Griffiths/Getty Images
Kalvin Phillips, Jelmaan Pirlo di Lini Tengah Inggris Copyright: Laurence Griffiths/Getty ImagesKalvin Phillips, Jelmaan Pirlo di Lini Tengah Inggris

Meski tak berkontribusi dalam hal gol, namun Kalvin Phillips berhasil menjaga lini tengah serta menyeimbangkan aliran bola Inggris. Puncaknya, pemain berusia 25 tahun ini memberikan assist untuk gol semata wayang Raheem Sterling.

Melansir dari laman Opta, diketahui bahwa sepanjang 90 menit bermain, Kalvin Phillips berhasil mencatatkan akurasi umpan hingga 94 persen. Selain itu, semua umpan long ball yang ia lepaskan, juga mampu menemui sasaran.

Tak cuma handal dalam membantu serangan, gelandang Leeds United ini juga agresif saat bertahan dengan melakukan empat percobaan tekel.

Gemilangnya penampilan Kalvin Phillips di Timnas Inggris kemarin, sampai membuat laman Whoscored dan beberapa media Inggris memberinya nilai tertinggi ketimbang seluruh pemain di laga Inggris vs Kroasia.

Contohnya laman Mirror, yang memberi Kalvin Phillips rating 9, satu tingkat lebih baik ketimbang Raheem Sterling yang sejatinya merupakan pahlawan kemenangan Inggris.

Saking gemilangnya performa Kalvin Phillips, akun Twitter resmi Euro, @EURO2020 menyandingkan sang pemain dengan salah satu legenda serta maestro lini tengah Italia, Andrea Pirlo.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%