Bola Internasional

Wojciech Szczesny, Kutukan Bocah Ingusan dan Kisah Sialnya Bersama Polandia

Rabu, 16 Juni 2021 16:57 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Lars Baron/Getty Images
Proses gol bunuh diri Wojciech Szczesny di laga Polandia vs Slovakia. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Proses gol bunuh diri Wojciech Szczesny di laga Polandia vs Slovakia.

INDOSPORT.COM – Mengintip kisah sial kiper Juventus, Wojciech Szczesny saat membela Timnas Polandia di laga perdana dalam empat kompetisi level internasional terakhir, termasuk di Euro 2020. Korban kutukan fans?

Sebelumnya, nama Wojciech Szczesny sendiri mendadak ramai usai penampilan buruknya kala menghadapi Slovakia di pertandingan pembuka Grup E pada Senin (14/06/21) WIB lalu.

Dalam pertandingan tersebut, Polandia bertekuk lutut di hadapan Slovakia dengan skor 1-2. Adapun dua gol tim berjuluk Sokoli itu dicetak oleh gol bunuh diri Szczesny dan satu go Milan Skriniar.

Sedangkan Polandia, mereka cuma sempat menyamakan ketertinggalan melalui Karol Linetty saat babak kedua berjalan kurang dari satu menit.

Dilansir dari laman Opta, gol bunuh diri kiper Juventus tersebut merupakan gol bunuh diri pertama yang dicetak kiper di ajang Euro.

Gol bunuh diri itu terjadi saat bola yang mengenai tiang gawang, kemudian memantul dan mengenai badan Szczesny. Alhasil, gol tersebut tercatat sebagai gol bunuh dirinya.

Lalu dilansir dari Squawka, gol bunuh diri Szczesny tersebut menjadi gol bunuh diri tercepat dalam sejarah Euro. Gol tersebut sendiri terjadi pada menit ke-18.

Masih dari Squawka, gol bunuh diri Wojciech Szczesny juga menorehkan fakta menarik. Tercatat dari lima gol bunuh diri tercepat di Euro, tiga diantaranya dibuat oleh pemain Juventus. Yakni Szczesny (menit 18’), Igor Tudor (menit 22’) dan Merih Demiral (menit 56’).

Kembali ke sosok Wojciech Szczesny, kiprah penjaga gawang berusia 31 tahun tersebut sejatinya memang sudah dapat sorotan di beberapa edisi turnamen major Eropa sebelumnya.

Bukan soal performa gemilang, melainkan beberapa blunder serta kesalahan fatal yang ia lakukan sehingga membuat Polandia kerap kali gagal raih hasil maksimal, terutama di laga perdana.

Sebelum catatkan rekor sebagai gol bunuh diri tercepat di edisi Euro 2020, Wojciech Szczesny juga sempat lakukan aksi konyol saat memperkuat Polandia di pertandingan perdana babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 silam.

Menghadapi Senegal di partai pembuka Grup H, Wojciech Szczesny lakukan blunder saat coba antisipasi serangan balik. Sempat keluar jauh dari gawang, dirinya gagal memenangkan duel bola dengan M'Baye Niang yang akhirnya mudah ceploskan bola.

Di akhir laga, Polandia gagal menang dengan skor 1-2. Sialnya lagi, Polandia juga tak mampu lolos dari fase grup usai tertahan di posisi juru kunci dengan tiga kekalahan.

© Laurence Griffiths/Getty Images
Wojciech Szczesny, Kutukan Bocah Ingusan dan Kisah Sialnya Bersama Polandia Copyright: Laurence Griffiths/Getty ImagesWojciech Szczesny, Kutukan Bocah Ingusan dan Kisah Sialnya Bersama Polandia

Mundur dua tahun silam, yakni di gelaran Euro 2016. Kali ini Wojciech Szczesny tak melakukan blunder, melainkan mengalami cedera paha saat berusaha halau bola silang. Akibat insiden tersebut, Wojciech Szczesny harus absen selama sisa kompetisi.

Menariknya, Polandia tanpa diperkuat Wojciech Szczesny justru berhasil melangkah hingga babak perempat final Euro 2016, sebelum dikalahkan Portugal lewat adu penalti.

Dari keseluruhan kisah sial Wojciech Szczesny di Timnas Polandia, mungkin cerita saat gelaran Euro 2012 jadi permulaan. Di mana pada ajang tersebut, Wojciech Szczesny harus terkena hukuman kartu merah pada menit 69’, dan membuat Polandia gagal raih kemenangan (1-1).

Puncaknya, Polandia yang merupakan tuan rumah di ajang Euro 2012 silam, gagal lolos dari fase grup, bahkan harus puas finish sebagai juru kunci dengan perolehan dua angka.