In-depth

Menakar Kuartet Pertahanan Timnas Indonesia Jika Kedatangan Shayne Pattynama

Sabtu, 19 Juni 2021 21:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Menakar Kuartet Pertahanan Timnas Indonesia Jika Kedatangan Shayne Pattynama Copyright: © PSSI
Menakar Kuartet Pertahanan Timnas Indonesia Jika Kedatangan Shayne Pattynama

INDOSPORT.COM – Melihat potensi kuartet lini pertahanan Timnas Indonesia nanti, andai proses naturalisasi Shayne Pattynama berhasil dan sang pemain bisa memperkuat skuad Merah-Putih. Auto sulit kebobolan?

Sebelumnya, nama bek keturunan Belanda-Indonesia yang membela Viking FK, Shayne Pattynama memang sedang ramai dibicarakan, usai sang pemain diketahui telah melempar kode keras untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Hal itu diketahui dari postingan di media sosial Instagram milik pemain naturalisasi Indonesia, Jhonny Van Beukering yang diunggah pada, Rabu (16/06/21). Dalam postingan tersebut, Jhonny memperlihatkan percakapannya dengan Shayne Pattynama.

Disebutkan, bahwa Jhonny Van Beukering menanyakan tentang ketertarikan Shayne Pattynama untuk memperkuat Timnas Indonesia lantaran sang pemain memang memiliki darah Indonesia.

Tak disangka, pesan Jhonny Van Beukering ternyata dibalas Shayne Pattynama. Tanpa basa-basi, Shayne langsung mengutarakan rasa ketertarikannya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Lebih lanjut, Shayne Pattynama bahkan menegaskan bahwa sang agen kini sudah mulai mengurus proses naturalisasinya.

Pemain Viking FK itu mempercayakan proses naturalisasinya kepada Fardy Bachdim, saudara Irfan Bachdim yang dikenal sebagai salah satu agen pemain ternama.

Walau belum ada keterangan resmi lebih lanjut dari PSSI mengenai proses naturalisasi Shayne Pattynama, namun peluang bek berusia 22 tahun tersebut untuk berseragam Merah-Putih sangat terbuka lebar.

Pasalnya, pihak PSSI sendiri belakangan memang sedang gencar mengurusi proses pemain keturunan untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia. Sehingga bukan tak mungkin, Shayne Pattynama bakal jadi bintang naturalisasi selanjutnya.

Andai nanti resmi diperkuat Shayne Pattynama, pastinya Timnas Indonesia akan memiliki kuartet pertahanan tangguh dan solid. Sebab, selain Shayne Pattynama ada juga beberapa pemain bertahan lokal yang dikenal punya ketangkasan di lini belakang.

Lantas, seperti apakah gambaran kekuatan lini pertahanan Timnas Indonesia saat diperkuat Shayne Pattynama nanti? Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Korbankan Arhan

© Soccrates/Getty Images
Shayne Pattynama Copyright: Soccrates/Getty ImagesShayne Pattynama

Dengan menggunakan formasi 4-4-2 khas Shin Tae-yong selama menukangi Timnas Indonesia, maka posisi terbaik yang bisa ditempati Shayne Pattynama nanti adalah left back.

Meskipun di posisi ini sudah ada Arhan Pratama yang sangat perkasa dan cekatan, namun Shayne Pattynama bisa ambil alih peran Arhan untuk memperkokoh area defensive.

Arhan memang tangguh sebagai left back, namun saat melakukan counter attack, pemain Persis Solo ini kerap terlambat mensuport di sisi flank. Begitupun sebaliknya, saat tim terkena serangan balik, Arhan juga beberapa kali terlambat untuk menutup sisi sebelah kiri.

Masuknya Shayne Pattynama sebagai left back, bakal menutup celah Arhan Pratama. Meski begitu, Arhan juga tak harus kehilangan posisinya di tempat utama, walau tak di posisi wing back namun Arhan bisa bermain sebagai winger.

Akurasi umpan yang ia miliki dipastikan bisa jadi senjata mematikan Timnas Indonesia. Bahkan saat tampil di Piala Menpora 2021 lalu, Arhan Pratama jauh lebih mentereng saat ditempatkan sebagai winger dengan torehkan satu gol dan satu assists dalam satu pertandingan kontra Arema FC.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%