Bola Internasional

Hasil Pertandingan Euro 2020 Grup F Portugal vs Jerman: Sang Juara Bertahan Terbantai

Minggu, 20 Juni 2021 00:54 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Matthias Hangst/Getty Images
Proses gol ketiga Jerman ke gawang Portugal yang dicetak oleh Kai Havertz di Euro 2020. Copyright: © Matthias Hangst/Getty Images
Proses gol ketiga Jerman ke gawang Portugal yang dicetak oleh Kai Havertz di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan Euro 2020 Grup F antara Portugal vs Jerman di Allianz Arena, Sabtu (19/06/21) WIB.

Babak Pertama

Sejak peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan, kedua tim memainkan permainan terbuka. Namun, Jerman terlihat lebih mendominasi Portugal.

Bahkan, Jerman mampu mencetak gol di menit ke-5 lewat Robin Gosens menyambut umpan silang Joshua Kimmich dari sisi kiri pertahanan Portugal.

Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit setelah VAR menemukan bahwa dalam proses gol tersebut, Thomas Muller lebih dulu Hand-Ball dan adanya potensi Offside oleh Serge Gnabry.

Pasca gol tersebut dianulir, Jerman tak serta merta menurunkan tempo permainan. Bahkan, pada menit ke-10 Kai Havertz hampir mencetak gol andai bola hasil sepakan kerasnya dari luar kotak penalti tak digagalkan Rui Patricio dengan baik.

Gempuran bertubi-tubi Jerman nyatanya harus berbuah petaka saat Portugal melancarkan serangan balik cepat pasca sepak pojok Der Panzer di menit ke-15.

Cristiano Ronaldo berhasil mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan silang pendek Diogo Jota. Skor menjadi 1-0 untuk Portugal.

Memasuki menit ke-20, Jerman pun berupaya mendobrak pertahanan Portugal yang memang terlihat bertambah soid pasca mencetak gol.

Usaha Jerman pun tak kunjung berbuah hasil mengingat Portugal bermain rapat dan hanya mengandalkan serangan balik saja.

Jerman terlihat memainkan peran kedua Wing Back-nya pada sosok Kimmich dan Gosens. Keduanya kerap melepaskan umpan silang datar kendati selalu patah oleh bek Portugal dan Rui Patricio.

Usaha Jerman akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-35. Adalah Kai Havertz yang berhasil menyamakan kedudukan untuk Der Panzer yang kemudian dianggap gol bunuh diri Ruben Dias.

Havertz mampu membuat Ruben Dias melakukan gol bunuh diri dengan memanfaatkan umpan silang Gosens. Bintang Chelsea ini memberi pressing kepada bek Manchester City itu tepat di muka gawang Portugal sehingga bola masuk ke gawangnya. Skor berubah menjadi 1-1.

Tiga menit kemudian. Havertz berkontribusi kembali untuk Jerman. Ia berhasil membelokkan arah bola tepat di muka gawang yang kemudian disambut rekannya yang mengirimkan umpan silang sehingga Portugal melakukan gol bunuh diri lewat Raphael Guerreiro.

Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Der Panzer. Jerman mendapat berkah lewat dua gol bunuh diri Portugal dalam tempo tiga menit saja.

Memasuki lima menit terakhir waktu normal, Jerman kian leluasa melancarkan serangan ke arah pertahanan Portugal. Sebaliknya, sang juara bertahan justru tak bisa mengembangkan permainannya.

Hingga babak pertama berakhir, Jerman mampu mempertahankan keunggulannya atas Portugal. Skor 2-1 pun bertahan hingga turun minum.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%